Kamis, 25 Apr 2019 15:40 WIB

Ada Kabar Apple Kini Mulai Ngebet Bikin iPhone Layar Lipat

Kris Fathoni W - detikInet
Foto: Jason Lee/Reuters Foto: Jason Lee/Reuters
Jakarta - Menurut kabar teranyar, Apple tak lagi sudi cuma jadi penonton dalam "perlombaan" perangkat foldable. Apple kini sudah ngebet membuat iPhone layar lipat.

Saat ini dua pabrikan raksasa, Samsung dan Huawei, paling tidak sudah resmi memasuki arena lomba ponsel layar lipat; Samsung punya Galaxy Fold, Huawei memiliki Mate X.

Merujuk pada informasi dari wccftech.com, Apple tampaknya juga tak mau berlama-lama ketinggalan dengan inovasi foldable dari dua pesaing utamanya di pasar smartphone global tersebut.




"Sekarang kami mendengar bisik-bisik dari rantai suplai, yang mengindikasikan perusahaan tersebut sedang bereksperimen dengan form factor-nya," tulis artikel tersebut.

Disebutkan pula bahwa dalam eksperimen menggarap iPhone layar lipat itu, Apple sudah menguji display dari BOE dan Samsung. Layar BOE dianggap lebih tangguh, tapi berpotensi sulit memenuhi permintaan dalam jumlah besar.

Selain itu, secara bersamaan Apple juga dikatakan tengah mengembangkan sistem operasi iOS yang secara spesifik mampu mengakomodir wujud sebuah perangkat layar lipat.




Nah, eksperimen dan pengembangan itu sangat mungkin cukup memakan waktu. Tapi Apple juga diprediksi tak mau kelamaan demi mencegah pengguna potensial perangkat layar lipat kadung kepincut perangkatnya Huawei atau Samsung.

"Jika itu terjadi, Apple harus kembali mengandalkan komunitas iOS-nya untuk kelak membeli iPhone layar lipat; (padahal) komunitas itu juga terlihat enggan upgrade dari seri iPhone lama. Apalagi harga perangkat itu (iPhone layar lipat) nantinya mungkin akan melampaui USD 1.500."


(krs/fyk)