iFixit Ungkap Kemungkinan Penyebab Layar Galaxy Fold Bermasalah

iFixit Ungkap Kemungkinan Penyebab Layar Galaxy Fold Bermasalah

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 25 Apr 2019 07:20 WIB
Foto: ifixit
Jakarta - iFixit baru saja membedah salah satu produk yang jadi pembicaraan belakangan ini, Galaxy Fold. Berkat aksi mempreteli komponen tersebut, kemungkinan penyebab masalah pada ponsel layar lipat Samsung itu terungkap.

Seperti diketahui layar Galaxy Fold adalah AMOLED, yang saat ini merupakan satu-satunya jenis layar di dunia yang mampu melentur. Hanya saja layar ini cukup sensitif terhadap oksigen dan kelembaban tinggi.


Itulah alasan kenapa beberapa perangkat Galaxy Fold layarnya rusak setelah bagian pelindung film dilepas oleh pengguna.

iFixit mendapati celah cukup besar antara engsel dan layar Galaxy Fold. Celah tersebut memungkinkan masuknya partikel debu. Masalahnya panel OLED itu 'alergi' dengan debu, sehingga harus streril.

iFixit Ungkap Kemungkinan Penyebab Layar Galaxy Fold BermasalahTerdapat celah antara engsel dan layar. Foto: ifixit
Samsung memang telah menguji desain engsel dan daya tahan panel dalam periode waktu cukup lama. Tapi perlu diingat proses tersebut dilakukan di ruang bersih oleh robot.

Sementara pengguna memakai ponsel di berbagai kondisi. Lambat laun debu kian menempel di celah tadi seiring lamanya penggunaan. Partikel debu ini berpotensi merusak layar dari bagian belakangnya.


iFixit juga mendapati kedua sisi layar Galaxy Fold dilindungi oleh panel di bawahnya, tapi tidak di bagian tengah sisi kiri. Kemungkinan itu pula yang ikut berkontribusi pada sejumlah kerusakan beberapa waktu lalu. Seperti diketahui kebanyakan unit yang bermasalah ada di layar bagian kiri.

(afr/afr)