Kamis, 18 Apr 2019 07:59 WIB

Intel Mundur dari Bisnis Modem 5G untuk Smartphone

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: detik Foto: detik
Jakarta - Buntut dari damainya Apple dengan Qualcomm ternyata langsung mempengaruhi Intel. Perusahaan yang juga dikenal dengan prosesor untuk PC tersebut mengumumkan bahwa mereka akan mundur dari bisnis modem 5G untuk smartphone.

CEO Intel, Bob Swan juga mengatakan bahwa perusahaannya akan fokus kepada bisnis modem 4G dan 5G untuk PC dan perangkat smart home.


"Kami sangat gembira dengan peluang dalam 5G dan 'cloudifikasi' jaringan, tapi di bisnis modem smartphone terlihat jelas bahwa tidak ada jalur yang jelas untuk mendapatkan keuntungan dan pengembalian yang positif," kata Swan dalam keterangan resminya seperti dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (18/4/2019).

"5G terus menjadi prioritas strategis untuk Intel, dan tim kami telah mengembangkan portofolio produk nirkabel dan kekayaan intelektual yang berharga," sambungnya.

Dari pengumuman ini, Intel diindikasikan tidak akan lagi terlibat dalam bisnis modem smartphone. Tapi mereka akan terus memenuhi komitmen mereka terhadap pelanggan untuk lini modem smartphone 4G yang ada.


Sebelum Apple menyelesaikan sengketa hukumnya dengan Qualcomm, Intel merupakan pemasok modem utama untuk iPhone XS dan XR. Tapi, Apple juga sebelumnya dikabarkan akan mencari pengganti pemasok modem 5G untuk iPhone karena Intel kesulitan memenuhi permintaan Apple.

Kini setelah berdamai, Apple sepertinya akan menggunakan modem Qualcomm secara ekslusif untuk iPhone generasi selanjutnya. Kedua perusahaan telah menyetujui perjanjian lisensi paten selama enam tahun dan perjanjian 'multi-year' untuk menyuplai chip. (vim/afr)