Selasa, 16 Apr 2019 15:45 WIB

Masa Depan Cerah Smart Speaker, Pasarnya Akan Lampaui Tablet

Kris Fathoni W - detikInet
Google Home, salah satu smart speaker populer. (Foto: Dok. Google) Google Home, salah satu smart speaker populer. (Foto: Dok. Google)
Jakarta - Pasar smart speaker terus berkembang. Bermasa depan cerah, pangsa smart speaker diprediksi segera melampaui wearable band dan kemudian tablet.

Hal itu merupakan hasil proyeksi dari para analis di Canalys, lewat sebuah laporan anyar yang turut memprediksi bahwa pasar untuk smart speaker bisa menembus angka 200 juta unit sampai akhir tahun ini.




Sebagaimana dikutip Venturebeat, Selasa (16/4/2019), penjualan smart speaker pada 2019 dapat mencapai 207,9 juta unit. Sebuah kenaikan 82,4 persen dibandingkan 114 juta unit pada tahun 2018 lalu.

Dalam laporannya, Canalys juga memprediksi bahwa tahun 2019 ini smart speaker sudah akan memiliki pangsa pasar lebih besar ketimbang wearable band. Jumlah kepemilikan smart speaker pada 2021 juga sudah bakal melampaui tablet.

Masa Depan Cerah Smart Speaker, Pasarnya Akan Lampaui TabletFoto: Dok. Canalys

Disebutkan lebih lanjut bahwa Amerika Serikat masih akan menjadi pasar terbesar buat smart speaker, dengan porsi 42,2 persen secara global. Angka pertumbuhan perangkat itu pun akan tumbuh di angka 46 persen pada tahun ini.




Di sisi lain, China diproyeksikan mencatatkan pertumbuhan perangkat smart speaker sampai 166 persen pada tahun ini walaupun secara keseluruhan jumlah unit yang terjual masih ada di bawah pasar AS.

Masa Depan Cerah Smart Speaker, Pasarnya Akan Lampaui TabletFoto: Dok. Canalys


(krs/agt)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed