Jumat, 12 Apr 2019 10:33 WIB

LG Punya AC Edisi Spesial Ramadan untuk Bikin Adem

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET
Jakarta - Bulan suci bagi umat Islam, Ramadan, tak lama lagi akan datang. Biasanya, banyak perusahaan mengeluarkan produk edisi spesial untuk periode waktu yang kerap disebut sebagai Bulan Puasa itu, atau paling tidak membuat program khusus.

LG salah satunya. Perusahaan asal Korea Selatan itu baru saja memperkenalkan sebuah perangkat pendingin udara (AC) bernama LG DualCool with Watt Control dengan serial T12EV4. AC ini dilabeli "LG DualCool edisi spesial Ramadan", sesuai waktu rilisnya nanti.

AC inverter ini memiliki kapasitas 11.000 British Thermal Unit/hour (BTU/h). Itu merupakan satuan untuk mengukur energi panas. Dalam penerapannya pada pendingin ruangan, BTU/h berarti berapa banyak suhu panas yang ditambahkan atau dihilangkan oleh AC bersangkutan dalam satu jam.




Dengan BTU sebesar itu, maka T12EV4 dibuat untuk memenuhi kebutuhan dalam mendinginkan, atau malah juga menghangatkan, ruangan berukuran besar. Misalnya ruang keluarga atau tempat untuk menonton televisi.

"Ini merupakan pilihan baru AC inverter hemat listrik yang bisa dipasang di ruangan menonton TV," ujar Head of Product Marketing RAC LG Electronic Indonesia Dimas Raditya, saat acara peluncuran produk tersebut di Jakarta.

LG Punya AC Edisi Spesial Ramadan untuk Bikin AdemFoto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET

Patut diingat bahwa T12EV4 masuk ke dalam lini AC LG DualCool with Watt Control. Itu berarti produk ini memiliki fitur Watt Control yang membuatnya dapat diatur untuk bekerja dengan 100%, 80%, 60%, dan 40% dari kebutuhan listrik yang seharusnya.

Di samping itu, penggunanya bisa mengoperasikan pendingin ruangan tersebut melalui aplikasi di dalam smartphone. Selama si pengguna dan AC miliknya terkoneksi internet, hal itu bisa dilakukan tanpa ada batasan jarak.

Fungsi yang tersedia pun tak ubahnya menggunakan remote konvensional. Bisa menyalakan atau mematikan, hingga mengatur suhu, swing, dan mode.




Sebagai sebuah produk edisi spesial Ramadan, AC ini tentu turut diharapkan bisa bikin penggunanya lebih adem dalam beribadah pada bulan suci tersebut.

Di samping T12EV4, LG juga memperkenalkan AC untuk kebutuhan rumah tangga lain dengan model Deluxe, Smart, dan Eco. Selain itu, ada juga pendingin untuk kebutuhan komersial seperti dalam bentuk Ceilling Cassette dan Floor Standing.

Soal harga dan ketersediaan, LG tidak berkomentar banyak. Mereka hanya menyebut produk-produk itu akan tersedia di pasar pada akhir April atau awal Mei mendatang.



LG Punya AC Edisi Spesial Ramadan untuk Bikin Adem
(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed