Kamis, 11 Apr 2019 20:45 WIB

LG Bawa Mesin Cuci Pintar ke Indonesia, Keunggulannya?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET
Jakarta - LG baru saja mengumumkan kehadiran sejumlah televisi premiumnya ke Indonesia. Berbarengan dengan itu, mereka juga memperkenalkan sejumlah perangkat mesin cuci pintar yang resmi menginjakkan kaki di Tanah Air.

Perangkat mesin cuci pintar cuci itu adalah LG TwinWash dan LG TurboWash. Nama yang pertama bisa dibilang lebih unik lantaran memiliki dua ruang pencucian terpisah.

Tabung pencucian utamanya memiliki kapasitas 20 kg, sedangkan ruang di bawahnya sanggup mencuci pakaian hingga batas 3,5 kg.




Secara desain, bagian atasnya merupakan tabung cuci utama dengan bukaan depan (front load). Sedangkan menempel tepat di bawahnya merupakan tabung cuci bukaan atas (top load).

Keduanya bisa beroperasi secara terpisah maupun bersamaan, tergantung dari pengaturan penggunanya. Tabung yang atas lebih ditujukan untuk mencuci pakaian sehari-hari, sedangkan yang bawah merupakan pakaian berukuran kecil, atau butuh perlakuan khusus.

Mesin Cuci Pintar LG Juga Masuk Indonesia, Keunggulannya?Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET

Lalu, perusahaan asal Korea Selatan itu juga memperkenalkan LG TurboWash. Ini merupakan mesin cuci jenis top loading.

"Ini bisa dibilang merupakan teknologi mesin cuci kami yang paling gres," ujar Rumbi Simanjuntak, Head of Product Marketing Home Appliance PT LG Electronics Indonesia saat acara peluncuran di Jakarta.

Patut diketahui terlebih dahulu, ia punya beberapa pilihan kapasitas, yaitu 22kg, 19kg, 13kg, dan 12kg.

Nah, salah satu yang keunggulannya adalah LG mengklaim perangkat tersebut memiliki dimensi lebih ringkas ketimbang mesin cuci lain di kelasnya lantaran mereka melakukan pembesaran tabung cuci, namun tetap mempertahankan bentuk rangka luarnya.

Tak cuma itu, tabungnya terbuat dari bahan stainless steel dan ditanami teknologi Auto Tub Clean. Hal ini membuat mesin cuci secara otomatis dapat membersihkan bagian dalam tabung setiap habis digunakan.

Tabung cucinya pun memiliki teknologinya tersendiri, yakni TurboDrum. Kemampuannya adalah memiliki rotasi yang mengikuti gerakan mencuci menggunakan tangan, bisa memutar, membanting, menggosok, menggulung, mengayun, dan menyaring.




Kemampuan tersebut ditambah dengan teknologi TurboShot, yakni gabungan antara WaveForce dan Jetspray. WaveForce merupakan aliran air yang disemprotkan secara vertikal dari atas ke bawah saat pencucian. Sedangkan Jetspray adalah pancaran air bertekanan tinggi untuk pembilasan.

Tak ketinggalan, baik LG TwinWash dan LG TurboWash sudah terintegrasi dengan ekosistem SmartThinQ. Hal ini memungkinkan penggunanya untuk mengoperasikan dan mendiagnosis perangkat hingga mengawasi penggunaan daya dari mesin cuci.

Soal harga dan ketersediaan, LG belum berkomentar lebih lanjut. Mereka hanya menyebut produk-produk itu akan tersedia di pasar pada akhir April atau awal Mei mendatang.


(mon/krs)