Kamis, 11 Apr 2019 14:19 WIB

Ponsel Transparan LG Terlalu Khayalan?

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: screenshot Foto: screenshot
Jakarta - Saat ini ada tiga tren di ranah gadget: ponsel lipat atau tablet hybrid, perangkat fleksibel yang bisa berubah-ubah bentuk, dan perangkat transparan.

Dua di antara ketiga tren itu sudah mulai digarap oleh sejumlah vendor, hanya satu yang sepertinya masih jarang yang tertarik mewujudkannya, yakni ponsel transparan.

Meski demikian, hal itu tidak membuat perusahaan teknologi berlomba mendaftarkan paten. Inilah yang dilakukan LG. Pengajuan paten ponsel transparan dari perusahaan asal Korea Selatan ini baru saja dikabulkan.




Jika melihat deskripsinya, boleh dibilang ini adalah perangkat yang paling ambisius, yakni sebuah perangkat yang tak hanya fleksibel sehingga bisa dilipat dan juga memiliki layar yang nyaris transparan secara keseluruhan.

Sebenarnya, seperti dikutip dari Slash Gear, Kamis (11/4/2019), paten ini sudah didaftarkan LG sejak akhir 2015, jauh sebelum kita melihat kemunculan prototype gadget lipat.

Namun ketika ponsel dan tablet lipat mulai marak bermunculan, LG bermimpi lebih jauh ingin membuat perangkat yang lipat yang keseluruhannya merupakan layar, di bagian depan dan belakang dan transparan.

Dari sisi desain dan teknis, ide ini penuh tantangan. Sejumlah pengamat gadget berpendapat, hampir mustahil untuk membuat sebuah gadget bisa transparan secara keseluruhan.

Hal ini dikarenakan sebuah gadget memerlukan ruang untuk komponen seperti baterai, kamera dan lain-lain. Paten LG sendiri mencantumkan deskripsi, jika tidak memungkin transparan secara keseluruhan, setidaknya ada salah satu sisi perangkat dibuat non-transparan yang didedikasikan untuk komponen-komponen yang sudah disebutkan sebelumnya.

Paten LG juga menyebutkan bahwa perangkat ini nantinya akan peka terhadap sentuhan di kedua sisi. Artinya, ketika layar benar-benar transparan atau setidaknya tembus pandang, pengguna bisa mengoperasikannya dengan sangat mudah. Ini bisa saja membuat ponsel beroperasi secara tidak sengaja.

Dengan berbagai penilaian tersebut, setidaknya LG sudah berupaya mengamankan ide mereka untuk penerapan di masa depan.




Belajar dari kecanggihan teknologi, kita sudah sering melihat hal-hal yang dulu sekadar khayalan dan dianggap gila sekalipun, dengan kemajuan teknologi hal itu terwujud di masa sekarang. Ya, mungkin demikian juga dengan ponsel transparan LG ini.


(rns/krs)