Rabu, 10 Apr 2019 12:40 WIB

Qualcomm Rilis Snapdragon 665, 730, dan 730G

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Qualcomm baru saja meluncurkan tiga prosesor baru. Sejatinya ketiga prosesor ini ditujukan buat smartphone kelas menengah walaupun juga kebagian fitur flagship.

Dua dari tiga prosesor tersebut, Snapdragon 730 dan 730G, diperuntukkan buat smartphone upper-mid range yang berada satu level di bawah smartphone flagship. Sedangkan untuk smartphone kelas menengah yang sebenarnya ada Snapdragon 665.

"Kami membawa fitur seperti AI yang canggih, gaming yang luar biasa, dan kemampuan kamera yang terdepan ke berbagai perangkat dengan kinerja yang luar biasa," kata Vice President of Product Management Qualcomm Kedar Kondap dalam pernyataan resminya seperti dikutip detikINET dari CNET, Rabu (10/4/2019).




Snapdragon 730 dikembangkan untuk menggantikan Snapdragon 710 dan membawa kemampuan yang sebelumnya hanya ditemukan di Snapdragon seri 8. Prosesor ini menjanjikan pemrosesan foto empat kali lebih cepat dan mendukung setup dengan tiga kamera belakang.

Prosesor ini hadir dengan CPU Kryo 470 dengan delapan inti dan GPU Adreno 618. Prosesor ini juga sudah kompatibel dengan Wi-Fi 6, walaupun belum mendukung 5G.

Sedangkan Snapdragon 730G memiliki spesifikasi yang sama dengan Snapdragon 730. Bedanya ini merupakan prosesor yang dibuat khusus untuk ponsel gaming dan performanya 15% lebih kencang dibandingkan saudaranya.




Prosesor ini mengusung fitur yang disebut Jank Reducer yang mencegah munculnya 90% "rongsokan" yang dapat membuat game nge-lag.

Untuk smartphone yang "benar-benar" berada di segmen menengah ada Snapdragon 665. Pun begitu, prosesor ini tetap punya berbagai fitur menarik, seperti Qualcomm AI Engine generasi ketiga.

Prosesor ini hadir dengan CPU Kryo 260 dan GPU Adreno 610 yang menjanjikan performa mumpuni untuk gaming. Smartphone yang ditenagainya bakal mendukung setup dengan tiga kamera belakang dan juga sensor kamera 48MP yang belakangan banyak digunakan.


(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed