Senin, 08 Apr 2019 10:02 WIB

iPhone 11 Disebut Bisa Deteksi Bau Badan dan Polusi Udara

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Salah satu bocoran konsep iPhone 11 yang punya tiga kamera belakang. Foto: Macotakara Salah satu bocoran konsep iPhone 11 yang punya tiga kamera belakang. Foto: Macotakara
Jakarta - Kalau kamu sedang mencari ponsel yang bisa 'bikin wangi' terus, maka iPhone generasi selanjutnya mungkin dapat menjadi jawabannya. Ponsel yang kerap disebut sebagai iPhone 11 ini dilaporkan memiliki fitur untuk mendeteksi bau badan penggunanya.

Hal ini diketahui dari paten yang didaftarkan Apple pada US Patent and Trademark Office (USPTO). Judulnya "Systems and Methods for Environment Sensing", sebagaimana detikINET kutip dari Apple Insider, Senin (8/4/2019).


Secara garis besar, itu menjelaskan kemampuan iPhone generasi lanjutan untuk mendeteksi senyawa kimiawi di udara. Hal ini tentu bisa berguna untuk melindungi penggunanya jika sewaktu-waktu ada kejadian menyebarnya gas beracun.

Selain itu, Apple menyebut bahwa sensor yang digunakan juga bisa mendeteksi bau-bauan dari 'spesies kimiawi'. Manusia tentu termasuk di dalamnya. Lalu, ketika sinyal bau itu diolah oleh kecerdasan buatan yang kemudian memberikan respons, maka tuntas lah proses kerja fitur smell recognition tersebut.

Di samping itu, diketahui pula satu paten lagi berjudul "Compact Particulate Material Sensor". Di sini, perusahaan pimpinan Tim Cook lebih menekankan kemampuan dalam mendeteksi polusi udara.

Hal ini tentu berguna untuk mendeteksi partikel-partikel di udara yang bisa membawa penyakit pernapasan jika terhirup. Menarik untuk ditunggu apakah Apple benar-benar menghadirkan kedua fitur di atas di iPhone 11 atau mungkin pada Apple Watch 5 nantinya.


Bagi masyarakat Indonesia, dua kemampuan tersebut sepertinya akan sangat berguna. Pasalnya, udara yang cenderung lembab membuat masyarakat dapat berkeringat dengan cepat dan bisa menghasilkan bau badan.

Lalu, mengutip dari laporan penelitian Energy Policy Institute at the University of Chicago (EPIC), Indonesia merupakan negara dengan polusi udara terparah ke-19 di dunia. Bahkan, rata-rata warga kehilangan 1,2 tahun harapan hidup akibat kualitas udara negara ini yang buruk. (mon/fyk)