Senin, 08 Apr 2019 09:20 WIB

Fitur Ini Bikin Android Q Jadi Rasa iOS?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Patung Android. Foto: Screenshot YouTube Patung Android. Foto: Screenshot YouTube
Jakarta - Sistem operasi (OS) terbaru Android Q saat ini masih dikembangkan oleh Google. Beberapa rumor fitur yang tersemat di dalamnya mulai naik ke permukaan, termasuk yang terbaru adanya pembaruan di OS Android ini nantinya akan serasa di ponsel berbasis iOS.

Menurut bocoran dokumen Android Q yang dilansir dari GSMArena, Senin (8/4/2019), OS tersebut akan mendapat dukungan fitur deep press atau yang dikenal sebagai Force Touch atau juga kalau di 'bahasa' iOS adalah 3D Touch.

Berbicara mengenai kemampuannya, fitur ini dikatakan telah ditingkatkan di Android Q sehingga pengguna akan merasakan kenyamanan dalam mengoperasikan karena layar akan lebih sensitif saat disentuh.



Kendati begitu, belum diketahui secara pasti bagaimana cara kerja dan penerapan dari fitur Deep Press ini. Kalau di iOS, tingkatan tekanan di layar akan memberikan fungsi yang berbeda di ponsel.

Sebelumnya, Android Q juga punya dukungan lebih baik terhadap ponsel layar lipat, yang sebelumnya memang sudah dijanjikan oleh Google. Android Q mendukung perpindahan lebih halus ketika mengubah mode layar, termasuk mengecilkan ukuran jendela aplikasi dalam mode split screen.

Google sendiri masih menyimpan fitur-fitur andalan Android Q sampai Google I/O nanti digelar pada Mei mendatang. Namun kehadiran Android Q Developer Preview ini cukup mengobati rasa penasaran pengguna terhadap tampilan Android Q.

(agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed