Jumat, 05 Apr 2019 15:43 WIB

Awas, Smart TV Ternyata Bisa Menambang Data

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi TV pintar. Foto: dok. Phillips Ilustrasi TV pintar. Foto: dok. Phillips
Jakarta - Popularitas smart TV atau televisi pintar tengah menanjak di pasaran. Namun banyak penggunanya yang tak tahu kalau TV macam ini bisa mengumpulkan banyak informasi dari penggunanya.

"Kita tumbuh dengan TV yang bisa kita tonton, bukan TV yang bisa menonton kita. Membutuhkan waktu setidaknya sampai satu generasi atau lebih sampai kita bisa menyadarinya," ujar Brandon Minster, seorang profesor ekonomi di University of North Florida.

Teknologi yang bisa 'menonton' pengguna TV ini adalah automated content recognition (ACR). Teknologi ini bisa memantau apa yang ditonton di TV, baik itu dari siaran TV biasa, kabel, ataupun layanan streaming.




Data tontonan video yang dikumpulkan itu akan berdampak pada iklan dan rekomendasi tontonan lain yang mungkin akan disukai oleh si pengguna TV tersebut. Namun data-data ini pun bisa dibagikan ke pihak lain.

"Ada studi yang menunjukkan kalau perangkat semacam ini di beberapa kasus bisa menonton apa yang anda tonton, dan mengirimkan data tersebut ke pembuat TV-nya," ujar David Choffness, profesor di Northeastern University.

Bahkan contoh kasusnya pun sudah ada. Pada 2017, Vizio membayar denda sebesar USD 7,7 juta ke Federal trade Commission karena mengumpulkan data penonton tanpa izin, demikian dikutip detikINET dari Boston25, Jumat (5/4/2019).

Namun kebanyakan pengguna TV tak sadar kalau mereka sebenarnya sudah memberi izin bagi TV untuk mengumpulkan data-data tersebut, yaitu ketika pertama menyalakan TV dan muncul bermacam perjanjian yang biasanya akan dilewati begitu saja dengan mengklik 'OK'.

Jadi, bagaimana cara mematikan teknologi pemantau ini? Cara yang paling mudah tentunya adalah tidak menghubungkan TV pintar anda ke internet. Namun hal ini membuat TV pintar anda menjadi bodoh.

Ada juga cara lainnya, yaitu mematikan ACR secara manual di TV, yang cara dan nama teknologinya berbeda untuk setiap TV.


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed