Kamis, 04 Apr 2019 15:13 WIB

Catatan dari Wetzlar

Di Balik Lensa Kamera Huawei Ada Leica

Rachmatunnisa - detikInet
Huawei P30 Pro. Foto: Rachmatunnisa/detikINET Huawei P30 Pro. Foto: Rachmatunnisa/detikINET
Wetzlar - P30 Pro menarik perhatian dengan konfigurasi empat kamera yang diusungnya. Leica, pembesut kamera high end asal Jerman, memainkan peran penting dalam mewujudkan inovasi kamera tersebut.

Dalam rangkaian acara peluncuran seri P30 selama sepekan, Huawei mengajak media dan influencer dari berbagai negara melakukan tour ke markas Leica di Wetzlar, Jerman.

Tak hanya menyimak sejarah Leica di dunia fotografi, peserta tour juga diajak melihat bagaimana lensa kamera dibuat, yang melalui berbagai tahapan proses rumit.

Dari tour ini pula, terlihat bagaimana Huawei dan Leica memandang satu sama lain sebagai mitra, bukan pesaing.




"Kami justru senang melihat inovasi kamera smartphone. Dengan (kerja sama) Huawei-Leica ini, menjangkau lebih banyak orang merasakan teknologi kamera Leica," kata Lukas Hoffmann, salah satu staf Leica yang mengajak rombongan berkeliling kantor Leica.

Di Balik Lensa Kamera Huawei Ada Leica Staf Leica Lukas Hoffmann yang menjadi pemandu tour. Foto: Rachmatunnisa/detikINET


Hal ini juga ditunjukkan Huawei dan Leica dalam sebuah sesi wawancara dengan eksekutif Huawei dan Leica.

Changzhu Li, Vice President of Huawei CBG Smartphone Product Line mengatakan, kerja sama Huawei dengan Leica tak hanya dalam hal mencapai terobosan teknologi kamera, tetapi juga membawa fotografi smartphone naik kelas.

"Sejak awal kami membentuk tim ahli gabungan untuk seri P dan seri Mate. Leica menangani desain optik dan kualitas foto," kata Li.

Dia mengatakan, kolaborasi keduanya adalah kerja keras untuk mencapai kamera smartphone yang bisa menghasilkan foto berkualitas tinggi, sesuai dengan image Leica di dunia fotografi.

Markas LeicaPintu masuk markas Leica. Foto: Rachmatunnisa/detikINET

Berawal dari P9


Menengok ke belakang, ketika Huawei dan Leica pertama kali mengumumkan kerja sama untuk menggunakan teknologi kamera Leica, banyak yang meragukannya. Ternyata ini pula yang dirasakan Huawei.

"Pada 2013, pertama kali Huawei menghubungi Leica untuk bekerja sama, awalnya kami khawatir dengan respons Leica. Ternyata mereka menanggapi kami dengan baik," kata Li bernostalgia mengenai awal pertemuan Huawei dengan Leica.

Di Balik Lensa Kamera Huawei Ada Leica Sesi wawancara. Foto: Rachmatunnisa/detikINET


Huawei pada saat itu mengemukakan maksudnya yang ingin meningkatkan kualitas kamera smartphone. Rupanya, ajakan ini berjodoh, karena Leica pun sedang mencari cara untuk merambah ke area perangkat mobile.

Setelah melewati berbagai diskusi dan membuat tim ahli gabungan, Huawei dan Leica akhirnya melahirkan 'bayi' pertama mereka, Huawei P9 di 2016.

Di Balik Lensa Kamera Huawei Ada Leica Logo ikonik Leica. Foto: Rachmatunnisa/detikINET


Tak Sekadar Tempelan

Campur tangan Leica pada kamera di flagship Huawei berdampak signifikan. Label 'Leica' yang tergurat di bagian belakang ponsel Huawei tak sekadar tempelan.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, Leica dan Huawei punya tim khusus yang didedikasikan bekerja sama 'mengawinkan' setiap komponen yang membentuk kualitas jepretan kamera, membuat keputusan soal desain dan meracik keseluruhan pengalaman menggunakan kamera di ponsel Huawei.

Sejauh ini, kolaborasi tersebut baru 'sebatas' kamera belakang. Untuk saat ini, Leica belum terlibat secara langsung pada kamera depan dan kualitas video smartphone Huawei, meski kemampuannya terus meningkat dibandingkan seri sebelumnya.

"Kami ikut menggarap kamera depan tapi tidak secara langsung. Kami fokus pada kamera utama (belakang), lebih karena sumber daya kami di Leica terbatas untuk itu (kamera selfie)," kata Dr Florian Weiler, Project Manager Optical Design Leica Camera AG.


Di Balik Lensa Kamera Huawei Ada Leica Quad camera di Huawei P30 Pro. Foto: Rachmatunisa/detikcom


Changzhu Li, Vice President of Huawei CBG Smartphone Product Line menyebutkan, kualitas foto selfie merupakan hal rumit, karena mereka harus menyeimbangkan hasil foto dengan objek selfie aslinya.

"Gambar yang diambil memang yang pengguna inginkan, tapi bukan (wajah) asli mereka. Jadi jangan sampai ada perbedaan jauh foto dengan aslinya," canda Li.

Dia menambahkan, meski tidak secara langsung, Leica ikut campur dalam peningkatan kualitas foto kamera depan, sesuai keahliannya.

Leica juga dilibatkan dalam peningkatan fitur video. Hal ini tampak dari watermark Leica yang ada di sudut kiri video yang diambil dari kamera belakang.

Di Balik Lensa Kamera Huawei Ada Leica Menjajal kamera belakang Huawei P30 Pro. Foto: Rachmatunnisa/detikINET


Eksklusif

Tak hanya menjadi nama besar dalam dunia fotografi, Leica juga disegani dalam keahlian dan resepnya membuat lensa, merek asal Jerman ini bekerja sama dengan pabrikan mobil untuk menaruh lensa buatannya di kamera kendaraan, dan apa pun yang berkaitan dengan lensa kaca.

Namun di smartphone, label Leica hanya akan kalian temukan di belakang perangkat Huawei. Ini adalah kerja sama ekslusif.

Sebuah pertanyaan menggelitik disampaikan salah satu media yang menanyakan apakah Leica mendapatkan royalti untuk setiap ponsel Huawei berkamera Leica yang terjual.

Di Balik Lensa Kamera Huawei Ada Leica Changzhu Li, Vice President of Huawei CBG Smartphone Product Line. Foto: Rachmatunnisa/detikINET


"Rahasia. Saya pura-pura tidak mengerti pertanyaan Anda," kelakar Changzhu Li, Vice President of Huawei CBG Smartphone Product Line.

"Ini bukan sekadar kolaborasi teknologi, tetapi juga kolaborasi bisnis. Yang saya bisa katakan, ini adalah kolaborasi yang sama-sama menguntungkan," ujar Li menyambung ucapan sebelumnya.

Yang jelas, dengan meluncurnya seri P30, Huawei membuktikan kolaborasinya dengan Leica berjalan langgeng.

Tak pula sekadar gimmick, karena sejak seri P9, campur tangan Leica turut andil dalam kualitas kamera smartphone flagship Huawei. Terbukti dengan seri P20, Mate 20 dan kini P30 yang mencatatkan skor tinggi DxOMark.

Sejak seri P9 pula, label Leica pada kamera belakang flagship Huawei selalu membuat penasaran. Dalam setiap peluncuran produk baru, tidak tahan rasanya mengetahui akan ada apa lagi setelah ini?

Di Balik Lensa Kamera Huawei Ada Leica Dr Florian Weiler, Project Manager Optical Design Leica Camera AG. Foto: Rachmatunnisa/detikINET



Tentu saja baik eksekutif Huawei dan Leica tidak semudah itu membeberkan rencana mereka di masa depan. Namun Dr Florian Weiler, Project Manager Optical Design Leica Camera AG menyebutkan, meski quad camera di P30 Pro sudah dianggap canggih, akan selalu ada hal baru dari kerja sama Leica dan Huawei.

"Kami melihat potensi pengembangan dari semua sisi. Selalu ada titik di mana kami merasa belum puas 100%. Itu sebabnya, kami bekerja sangat keras untuk menjadikan setiap bagian menjadi lebih baik, di semua bagian (kemampuan kamera) kami masih melihat ruang untuk mengembangkannya," tutupnya.


(rns/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed