Rabu, 27 Mar 2019 21:20 WIB

Samsung Galaxy Note 10 Tanpa Tombol Fisik Sama Sekali?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Reka wujud Samsung Galaxy Note 10. (Foto: Phone Arena) Reka wujud Samsung Galaxy Note 10. (Foto: Phone Arena)
Jakarta - Rumor tentang Samsung Galaxy Note 10 mulai berdatangan. Smartphone flagship Samsung ini kabarnya akan hadir tanpa tombol fisik sama sekali, untuk menciptakan desain yang "keyless" atau "buttonless".

Artinya, Galaxy Note 10 tidak akan memiliki tombol untuk power dan kontrol volume. Selain itu, tombol untuk asisten pintar Bixby juga dikabarkan bakal hilang.

Dilansir detikINET dari Tech Radar, Rabu (27/3/2019), sebagai ganti tombol fisik tersebut Galaxy Note 10 akan memiliki area kapasitif di tempat yang sebelumnya dihuni tombol fisik yang dapat diaktifkan hanya dengan sentuhan.




Perusahaan asal Korea Selatan ini sebelumnya pernah mendaftarkan paten yang mendeskripsikan gestur menekan bagian tepi layar dapat digunakan untuk melakukan berbagai tindakan.

Yang lebih menarik, fitur ini kabarnya tak ekslusif untuk smartphone flagship Samsung. Lini Galaxy A, yang menyasar segmen menengah, disebut bakal punya hal serupa bahkan memilikinya duluan sebagai bentuk uji coba sebelum diterapkan di flagship.




Praktik seperti ini telah dilakukan Samsung sebelumnya. Seperti Galaxy A8S yang pertama kali memiliki lubang di layar untuk tempat kamera depan, sebelum kemudian digunakan untuk lini Galaxy S10.

Rumor lain menyebutkan bahwa smartphone ini akan diluncurkan pada bulan Agustus mendatang. Sedangkan penjualan Galaxy Note 10 akan dimulai pada akhir bulan Agustus atau awal bulan September mendatang.

Jika rumor ini akurat, Galaxy Note 10 akan menjadi smartphone pertama dari Samsung yang memiliki desain semacam itu. Tapi beberapa vendor China telah meluncurkan prototipe smartphone tanpa tombol, bahkan tanpa lubang konektor, seperti Vivo Apex dan Meizu Zero.




(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed