Senin, 18 Mar 2019 16:00 WIB

Huawei P30 Pro Akan Pakai Layar OLED Buatan Samsung

Virgina Maulita Putri - detikInet
Bocoran penampakan Huawei P30 Pro. (Foto: Digital Trends)
Jakarta - Peluncuran smartphone seri Huawei P30 tinggal menghitung hari. Akan ada tiga versi yang meluncur yaitu P30 Lite, P30, dan P30 Pro.

Bocoran mengenai ketiganya pun semakin banyak berdatangan. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Huawei P30 Pro akan menggunakan layar OLED buatan Samsung, seperti dilansir detikINET dari GSM Arena, Senin (18/3/2019).

Berdasarkan postingan di media sosial China, Weibo, Huawei disebut sudah menandatangani perjanjian dengan Samsung dan menugaskan perusahaan asal Korea Selatan tersebut untuk memproduksi semua panel OLED untuk P30 Pro.




Merujuk ke informasi internal, postingan ini menyebut ada dua alasan mengapa Huawei memilih Samsung yang terhitung sebagai rival dalam bisnis smartphone.

Pertama, Samsung merupakan salah satu penyedia panel OLED terbesar di dunia. Samsung tak hanya bisa memproduksi panel berkualitas tinggi, melainkan juga punya kemampuan memproduksi panel OLED dalam skala besar untuk memenuhi permintaan yang tinggi.

Kedua, Huawei akan lebih mudah menjamin kontrol kualitas P30 Pro karena hanya berasal dari satu supplier. Sebelumnya, untuk Mate 20 Pro, Huawei menggunakan dua supplier yaitu BOE dan LG.




Perangkat Mate 20 Pro yang menggunakan panel buatan BOE dapat berfungsi dengan baik. Tapi perangkat yang menggunakan panel buatan LG kabarnya justru memiliki masalah hanya seminggu setelah diluncurkan.

Ini bukan pertama kalinya Samsung menyediakan panel display untuk vendor pesaingnya. Sebelumnya, mereka menyediakan panel OLED untuk iPhone X.

Peluncuran trio P30 sendiri dijadwalkan akan berlangsung pada 26 Maret mendatang di Paris, Prancis. Soal spesifikasi, P30 Pro dikabarkan akan menggunakan prosesor Kirin 980 dan memiliki empat kamera belakang yang kamera utamanya berukuran 40MP.




(vim/krs)