Senin, 18 Mar 2019 07:29 WIB

Samsung Mulai Produksi RAM 12GB Generasi Terbaru

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Samsung Foto: Samsung
Jakarta - Saat ini kebanyakan smartphone reguler menggunakan RAM berukuran 4GB atau 6GB. Tapi mulai banyak smartphone flagship yang mulai menggunakan RAM dengan double digit.

Contohnya saja seri Samsung Galaxy S10. Untuk variannya yang paling canggih dan paling mahal, Galaxy S10+, Samsung menyematkan RAM sebesar 12GB.


Berangkat dari sana, perusahaan asal Korea Selatan ini mengumumkan bahwa mereka telah memulai produki RAM 12GB LPDDR4X. Walaupun ukurannya sama dengan yang telah digunakan di Galaxy S10+, memori generasi baru ini membawa beberapa keunggulan baru.

Video: Bawa Keunggulan Baru, Samsung Produksi RAM 12 GB LPDDR4X

[Gambas:Video 20detik]



RAM yang digunakan di Galaxy S10+ dibangun menggunakan chipset atau prosesor 20nm, sedangkan memori baru ini akan menggunakan prosesor 10nm. Menurut Samsung, memori ini memiliki ketebalan hanya 1,1 mm sehingga dapat membuat ruang yang lebih lega untuk baterai di smartphone dan dapat mengurangi konsumsi tenaga.


"Dengan LPDDR4X, kami menguatkan posisi sebagai produsen memori mobile premium yang diposisikan terbaik untuk mengakomodasi permintaan yang berkembang pesat dari produsen smartphone global," ucap Vice President of Memory Marketing Samsung Electronics, Sewon Chun dalam keterangan persnya, seperti dikutip detikINET dari CNET, Jumat (15/3/2019).

Samsung mengklaim memori ini memiliki kecepatan transfer data hingga 34,1GB per detik. Selain itu, memori ini dapat meningkatkan potensi smartphone yang memiliki fitur seperti menggunakan lebih dari lima kamera, layar yang lebih besar, kecerdasan buatan (AI) dan 5G. (vim/afr)