Selasa, 12 Mar 2019 13:00 WIB

Di India, Kamera Jadi Pertimbangan Utama Saat Beli Smartphone

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Apa yang menjadi pertimbangan kamu ketika membeli smartphone? Apakah kamera? Atau fitur lainnya?

Sebanyak 89% konsumen mempertimbangkan kamera sebagai spesifikasi utama saat akan membeli smartphone. Setidaknya demikian hasil survei Cyber Media Research (CMR) terhadap konsumen di India.

Setelah kamera, di urutan berikutnya yang menjadi pertimbangan adalah daya tahan baterai (87%), RAM (79%) dan memori internal (72%).




Urusan smartphone-nya sendiri, hasil survei itu mengungkap pembeli lebih suka bereksperimen ketimbang mementingkan merek, karena mereka tidak percaya begitu saja sebelum menjajalnya.

Seperti dikutip detikINET dari Gadgets 360, Selasa (12/3/2019), survei tersebut mengungkapkan, preferensi konsumen ini didorong oleh berbagai faktor, seperti keseluruhan kualitas produk (92%), performa produk (90%), estetika produk (82%) dan layanan after sales yang bisa diandalkan (76%).

"Di pasar yang sangat kompetitif, ditandai dengan lautan kesamaan smartphone, merek yang berinvestasi memastikan kualitas produk dan aspek yang lebih halus akan menang telak," kata Narindar Kumar, Lead Analyst-IIG CMR.

"Konsumen India, khususnya post-millennial dan Gen-Z sangat menuntut. Bagi mereka, desain produk, kualitas dan keseluruhan nilai untuk uang yang mereka keluarkan sangat penting," sambungnya.

Survei ini dilakukan di 8 kota besar di India sepanjang Februari 2019, melibatkan anak-anak muda berusia 15 hingga 30 tahun dari berbagai latar belakang dan tingkat pendapatan.




"Survei ini memperlihatkan passion yang diinvestasikan konsumen pada smartphone mereka. Sementara merek smartphone yang lebih besar terus mempertahankan kekuatan mereka, menarik juga untuk melihat merek baru seperti Realme mengungguli pesaingnya," komentar Satya Mohanty, Head-User Research Practice, CMR.

Dalam survei juga terungkap, Samsung dengan jaringan ritel yang luas menang dalam urusan layanan after sales. Selain itu, sebanyak 89% responden setia menggunakan Oppo, disusul di urutan berikutnya ada Xiaomi dan Realme.


(rns/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed