Senin, 11 Mar 2019 17:47 WIB

Memanfaatkan Efek Bokeh untuk Potret Malam Hari

Robi Setiawan - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Menghasilkan foto dengan efek bokeh tidak hanya bisa dilakukan pada siang hari dengan pencahayaan objek dan latar belakang yang jelas, namun juga pada malam hari. Contoh efek bokeh malam hari yang bagus adalah blur-nya gemerlap cahaya di belakang objek foto.

Agar hasil bokeh pada malam hari bisa maksimal, hal yang perlu dilakukan tidaklah jauh berbeda ketika hendak membuat efek bokeh pada siang hari. Penempatan atau posisi objek dan latar belakang bisa disesuaikan dengan efek bokeh yang diinginkan.

"Kalau malam hari kan sumber cahaya lebih low light ya, tak sebanyak siang hari kalau ada cahaya matahari," ujar fotografer Glenn Prasetya kepada detikINET beberapa waktu lalu.

"Jadi kalau malam hari itu kita cenderung letakkan objek kita menghadap sumber cahaya yang ada, meskipun itu hanya lampu taman, atau penerangan lampu dari dalam rumah, dan sebagainya, at least objek kita menghadap ke sumber cahaya agar tidak terlalu gelap," sambungnya.




Seperti fotografi malam biasanya, untuk menghasilkan efek bokeh malam hari juga perlu memperhatikan komposisi cahaya yang menerangi objek. Memotret di malam hari bisa diatasi dengan memanfaatkan lampu flash ponsel teman yang dinyalakan dalam mode flashlight untuk menerangi objek.

Sementara jika ingin latar belakang tampak bagus, perlu juga mempertimbangkan kombinasi jenis cahaya yang tampak pada kamera. Cahaya kombinasi gedung-gedung yang temaram dengan lampu jalanan bisa jadi latar belakang bokeh yang bagus.

Selanjutnya jika objek adalah seseorang, maka alangkah lebih baik melihat posisi yang pas agar sisi terbaik dari orang yang menjadi objek bisa muncul. Glenn juga menyarankan mengenal objek untuk mencari angle terbaik.

"Kita harus bisa mencari sisi terbaik seseorang. Misalnya mengerti kalau badan menyerong bikin orang terlihat lebih kurus ketimbang frontal. Angle terbaiknya dari sisi kiri atau kanan. Jadi harus mengenal objek kita," ujarnya.




Setelah merasa menemukan posisi terbaik, jangan lupa juga untuk men-tap subjek di layar ponsel untuk mengatur fokus dan exposure. Hal ini wajib dilakukan, terutama jika pencahayaan di latar foto jauh lebih kuat dari subjek.

Jangan lupa untuk pintar-pintar mengatur jarak. Semakin dekat jarak antara kamera dengan subjek, maka blur atau bokeh pada latar belakang foto akan semakin muncul. Selain mendekatkan kamera dengan subjek, menjauhkan subjek dengan latar juga akan semakin memunculkan bokeh.

Walau pada umumnya foto bokeh bagus dihasilkan dari perangkat kamera profesional, namun saat ini smartphone terbaru pun sudah dibekali kamera yang mumpuni. Smartphone seperti OPPO F11 Pro, misalnya, yang memiliki mode portrait untuk menunjang efek bokeh yang bagus.

"Ponsel yang punya portrait mode akan meng-enhance biar hasilnya lebih bagus," ujar Glenn.

Bukan itu saja, OPPO F11 Pro juga dibekali fitur Super Night Mode. Fitur tersebut akan berpadu dengan AI Ultra-Clear Engine yang mengenali objek dan mengoptimalkan pengaturan. Ini juga akan membantu dalam mengoptimalkan stabilisasi gambar selama long exposure, low-light performance, dan pencerahan kulit.

[Gambas:Video 20detik]

(idr/fyk)