Jumat, 08 Mar 2019 10:00 WIB

Corning Bikin Gorilla Glass Buat Ponsel Layar Lipat

Virgina Maulita Putri - detikInet
Huawei Mate X. Foto: Reuters Huawei Mate X. Foto: Reuters
Jakarta - Dua ponsel layar lipat yang baru saja dipamerkan, Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X, mungkin terlihat futuristik. Sayangnya, salah satu poin kelemahan keduanya justru di layar yang kurang tangguh.

Kedua ponsel tersebut menggunakan layar yang terbuat dari plastik polimer. Material ini tentu memudahkan layar untuk dilipat berkali-kali, tapi tidak setangguh display kaca yang lebih anti gores.

Produsen display kaca terkemuka, Corning, pun akan menjawab solusi terhadap kelemahan tersebut. Perusahaan yang dikenal dengan Gorilla Glass-nya ini disebut sedang mengembangkan display kaca yang dapat dilipat.



Dalam wawancara dengan Wired, Senior Vice President and General Manager Corning, John Bayne mengatakan bahwa Corning saat ini sedang mengerjakan kaca super tipis dengan ketebalan 0,1 mm dan dapat dilipat hingga radius 5 mm.

Bayne mengatakan bahwa Corning saat ini telah membuat kemajuan, tapi perjalanan mereka masih panjang. Tantangan utama yang dihadapi Corning adalah bagaimana membuat kaca yang dapat ditekuk dan tidak pecah ketika dilipat berkali-kali.

Belum lagi jika membuat kaca yang dapat dilipat dan bisa digunakan secara optimal dengan transistor layar sentuh.

"Bagian utama dari masalah yang kami coba selesaikan, adalah, bisakah kalian menjaga radius lipatan 3 hingga 5 mm dan juga meningkatkan ketahanan kaca terhadap kerusakan," kata Bayne seperti dikutip detikINET dari Mashable, Jumat (8/3/2019).



Bayne mengatakan bahwa Corning saat ini juga sedang bereksperimen dengan mengkombinasikan Willow Glass buatannya yang sangat lentur dengan Gorilla Glass yang sangat tangguh.

Walaupun Corning belum memberikan pengumuman resmi soal kaca lentur ini, sumber yang dekat dengan Corning mengatakan kepada Wired bahwa teknologi ini akan siap dalam waktu dua tahun.


Saksikan juga video 'Mate X, Ponsel Layar Lipat Huawei Seharga Rp 36,6 Juta':

[Gambas:Video 20detik]

(vim/fyk)