Ponsel Sejadul Samsung Galaxy S5 Bisa Nikmati Android 9 Pie, Caranya?

Ponsel Sejadul Samsung Galaxy S5 Bisa Nikmati Android 9 Pie, Caranya?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Senin, 04 Mar 2019 21:35 WIB
Ponsel jadul semacam Samsung Galaxy S5 pun bisa menikmati Android Pie. (Foto: Google)
Jakarta - LineageOS dikenal sebagai pemberi "nafas kehidupan baru" terhadap sejumlah perangkat berbasis Android. Hal tersebut pun terus dipertahankannya hingga 2019 ini.

Meluncurnya LineageOS 16 membuat sejumlah smartphone dan tablet jadul yang menjalankan Android bisa menikmati Android 9 Pie. Hal tersebut berlaku untuk perangkat yang sudah tidak mendapat pembaruan resmi bertahun-tahun sekali pun.

Ada sekitar 30 perangkat yang disebut dapat mendukung LineageOS. Beberapa di antaranya adalah Samsung Galaxy S5, OnePlus One, Oppo Find 7, hingga Xiaomi Mi Mix 2S.

Selain itu, nama-nama perangkat yang lebih baru juga bisa menjalankan LineageOS 16. Huawei P20 Pro, Xiaomi Pocophone F1, dan Samsung Galaxy Tab S2 adalah beberapa di antaranya.

Lineage mengatakan akan memperluas daftar gadget yang mendukung versi terbaru dari sistem operasinya itu. Tidak hanya itu, ia juga menyebut LineageOS akan mendukung dark mode yang diprediksi bakal hadir dalam diri Android Q, sebagaimana detikINET kutip dari Engadget, Senin (4/3/2019).

Patut diingat, LineageOS mungkin tidak ditujukan bagi orang-orang yang sangat mengandalkan ponsel dalam pekerjaannya mengingat perangkatnya itu akan menjalankan update tidak resmi. Sebagai custom ROM, pemakaiannya juga tak disarankan buat yang awam dengan urusan utak-atik macam ini.

Walau demikian, bagi yang ingin memperpanjang nafas gadget miliknya sampai 1-2 tahun lagi, tak ada salahnya coba menerapkan sistem operasi dari Lineage itu.

(mon/krs)