Apple Masih Jadi Raja Smartwatch, tapi...

Apple Masih Jadi Raja Smartwatch, tapi...

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 01 Mar 2019 21:07 WIB
Apple Watch Series 4, smartwatch dari Apple. (Foto: detikINET/Adi Fida Rahman)
Jakarta - Pengiriman smartwatch secara global mengalami peningkatan pada kuartal keempat 2018. Tapi Apple tetap bercokol sebagai raja di pasar smartwatch.

Begitu setidaknya laporan Strategy Analytics. Sepanjang 2018, Apple menguasai pasar smartwatch dengan market share 50 persen. Turun drastis dari angka 60,4 persen di 2017, tapi tetap sah jadi raja.

Posisi Apple di pucuk market share smartwatch ini dikarenakan para pesaing terdekatnya memang masih ketinggalan -- walau terus tumbuh. Fitbit (12,7 persen) dan Samsung (11,8) secara berurutan menguasai pangsa pasar kedua dan ketiga sepanjang 2018. Keduanya tampil oke di kuartal keempat tahun lalu dan cukup menggerus pasar smartwatch Apple pada periode tersebut.




"Pasar smartwatch Apple merosot menjadi 51% pada kuartal (empat 2018) ini, di mana periode tahun tahun (2017) lalu menguasai hingga 67,2%. Apple Watch kehilangan pangsa pasarnya karena Samsung dan Fitbit yang portofolio smartwatch dan kehadiran ritelnya meningkat signifikan dalam satu tahun terakhir," kata Direktur Eksekutif Strategy Analytics Neil Mawston.

Data itu turut menungkap pencapaian istimewa Fitbit yang meroket tahun lalu, mengingat market share-nya baru berada di kisaran 1,7 persen pada 2017. Fitbit menggeser Garmin dari posisi tiga besar market share smartwatch 2018.

Apple Masih Jadi Raja Smartwatch, tapi...Foto: dok. Strategy Analytics


Sementara berdasarkan pengiriman, tahun lalu tercatat jumlahnya mencapai 45 juta unit smartwatch. Sebuah peningkatan dari 29,3 juta unit di tahun sebelumnya.

"Pengiriman smartwatch global mencatat rekor tertinggi sepanjang masa hingga 45 juta unit sepanjang tahun 2018. Pertumbuhan smartwatch melonjak karena konsumen berusaha untuk mengakses ponsel pintar mereka dan membawa konektivitas digital ke pergelangan tangan mereka," tutur Steven Waltzer, seorang analis industri dari Strategy Analytics, Jumat (1/3/2019).

Berdasarkan aspek tersebut, Apple juga masih jadi penguasa dengan mengapalkan 22,5 juta unit sepanjang 2018 dengan 9,2 juta unit di antaranya pada kuartal keempat.

(agt/krs)