Kabar Anyar soal Ponsel Layar Lipat Apple

Kabar Anyar soal Ponsel Layar Lipat Apple

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 01 Mar 2019 14:37 WIB
Foto: Spencer Platt/Getty Images
Jakarta - Apple memang belum terlihat ikut "lomba" bikin ponsel layar lipat. Tapi sebuah paten mengindikasikan Apple sudah mulai ancang-ancang, bahkan merancang agar layar lipatnya tidak cepat rusak.

Sejumlah vendor kini sudah memperkenalkan ponsel layar lipatnya masing-masing, walaupun hal serupa belum terlihat akan diikuti Apple. Nah, sebuah paten memperlihakan Apple rupanya juga sudah punya desain perangkat macam itu.




Tak cuma itu, paten Apple juga terindikasi sudah mengantisipasi kerusakan pada layar. Dalam sebuah perangkat foldable yang layarnya dapat dilipat, urusan daya tahan layar jadi hal yang penting.

Seperti dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (1/3/2019), Apple tampaknya meyakini kunci untuk menghindari kerusakan pada layar adalah lewat penyaluran panas.




Dengan beragam sensor di perangkat, seperti terlihat dari paten itu, suhu panel layar akan terpantau. Saat sudah terlalu dingin, komponen terpisah akan memanaskan bagian tertentu di display. Hal ini, menurut paten tersebut, di atas kertas dapat membuat panel fleksibel jadi lebih mudah beradaptasi dengan posisi barunya, sehingga mengurangi potensi cepat rusak.

Dokumen paten ponsel layar lipat Apple. (Foto: Phone Arena.com)


Penambahan komponen pemanas ini-itu berpotensi bikin perangkat jadi kelewat tebal. Apple pun terlihat punya solusi alternatif.

Untuk area yang hendak "dipanaskan", perangkat ini secara otomatis bakal meningkatkan kecerahan layar. Ketika permukaan itu sudah cukup panas, kecerahan layar pun otomatis turun lagi.


(agt/krs)