Selasa, 26 Feb 2019 18:05 WIB

Nokia 9 Pureview Jadi Mimpi Buruk Penderita Trypophobia

Fino Yurio Kristo - detikInet
Nokia 9 PureView. Foto: Chris Velazco/Engadget Nokia 9 PureView. Foto: Chris Velazco/Engadget
Jakarta - Dengan 5 buah kamera belakang, Nokia 9 Pureview menjadi salah satu smartphone baru yang banyak dibicarakan. Tapi ada sekelompok orang yang takut dengan handset tersebut.

Adanya 5 kamera belakang otomatis membuat bagian belakang Nokia 9 PureView banyak lubangnya. Belum termasuk lampu flash, sehingga total ada 6 lubang. Hal ini membuat ketakutan mereka yang menderita trypophobia.

Dikutip dari National Geographic, istilah trypophobia mulai populer ketika tahun 2009 seorang mahasiswa University at Albany menggunakannya dalam halaman Facebook khusus kasus anekdot. Sejak saat itu ternyata cukup banyak orang yang mengalami sehingga menarik perhatian.




Studi tahun 2013 oleh peneliti University of Essex melihat sekitar 16% dari 286 orang dewasa bisa memiliki trypophobia. Peneliti berteori ketakutan akan lubang-lubang karena mirip dengan pola yang dimiliki hewan berbahaya sehingga secara evolusi kita berusaha menghindarinya.

Studi yang dipublikasi di jurnal Cognition and Emotion memiliki teori lain. Menurut Tom Kupfer selaku salah satu peneliti manusia punya ketertarikan negatif kuat terhadap objek berlubang karena jijik takut akan penyakit.

Nokia 9 Pureview Jadi Mimpi Buruk Penderita TrypophobiaFoto: istimewa

"Hey Nokia, tolong dong googling dulu sebelum mendesain ponsel baru. Ponsel ini ada di banyak situs teknologi, membuatku terserang panik," tulis seorang netizen.

"Foto-foto Nokia 9 itu seharusnya ada peringatannya soal trypophobia. Aku merasa tidak nyaman ketika melihatnya," tulis yang lain.




Terlepas dari itu, Nokia 9 PureView disambut cukup baik. Handset ini ditenagai dengan prosesor Snapdragon 845, RAM 6 GB, memori internal 128 GB, layar 5,99 inch OLED, baterai 3.320 mAh dan bodi tahan air.

Kelima kameranya menggunakan optik Zeiss dan resolusinya masing-masing 12 megapixel. Adapun kamera depan 20 megapixel. Ia memiliki pemindai sidik jari yang tertanam di layar.

(fyk/krs)