Minggu, 24 Feb 2019 09:50 WIB

Loyo di China, Xiaomi Berambisi Kuasai Eropa

Fino Yurio Kristo - detikInet
Pendiri Xiaomi, Lei Jun. Foto: Getty Images Pendiri Xiaomi, Lei Jun. Foto: Getty Images
Beijing - Xiaomi melayangkan pandangannya ke benua Eropa. Lei Jun, sang pendiri, berambisi besar untuk menguasai pasar di benua Biru tersebut.

"Tahun ini, kami sungguh-sungguh bertujuan untuk mendominasi pasar Eropa," sebut Lei yang dikutip detikINET dari Nikkei.

Performa Xiaomi di pasar domestik belakangan kurang menggembirakan sehingga mereka menggenjot pertumbuhan di mancanegara. Laporan terbaru biro riset IDC untuk kuartal IV 2018 menyebutkan penjualan Xiaomi di China turun hingga 28%.



Sempat berencana memasuki pasar Amerika Serikat, Lei Jun mengkonfirmasi kalau niat itu diurungkan. Kemungkinan karena AS dan China sedang terlibat perang dagang yang sengit.

DI Eropa, Xiaomi dilaporkan telah menduduki posisi 4 vendor smartphone dengan pengapalan terbesar. Mereka mulai memasuki pasar Inggris, Prancis dan Italia setelah cukup sukses di Spanyol.

Xiaomi pertama kali ekspansi ke mancanegara pada tahun 2014. Di India dan Asia Tenggara, mereka mencapai penjualan yang cukup bagus.

Pada periode Juli sampai September 2018, 44% nilai penjualan Xiaomi berasal dari luar negeri. "Operasi luar negeri mungkin akan segera mengambil alih pasar domestik," sebut Lei.

(fyk/fyk)