Minggu, 24 Feb 2019 08:17 WIB

Laporan dari Barcelona

Kapan Ponsel Oppo Berkamera 10x Zoom Dirilis?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ponsel Oppo dengan Lossless Zoom 10x. Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET Ponsel Oppo dengan Lossless Zoom 10x. Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET
Barcelona - Oppo memamerkan teknologi kamera terbarunya di Barcelona, Spanyol, yaitu Lossless Zoom 10x. Kapan hadir di pasaran?

Teknologi Lossless Zoom 10x ini adalah teknologi penerus zoom 5x yang diluncurkan Oppo di MWC 2017, dan Oppo memamerkannya di acara yang bertajuk Oppo Innovation Event 2019, yang diadakan di Barcelona, Spanyol, menjelang digelarnya Mobile World Congress (MWC) 2019.

Teknologi ini terdiri dari tiga kamera yang terdiri dari kamera utama, kamera dengan lensa tele, dan kamera dengan lensa ultra wide.



Product Manager Oppo Chuck Wang memastikan kalau teknologi ini akan diproduksi massal pada Q2 2019 mendatang, dan akan tersedia di ponsel mereka yang berikutnya. Jadi calon pengguna tak perlu menunggu lama jika sudah tak sabar ingin mencoba teknologi terbaru ini.

"Teknologi ini akan hadir di ponsel baru kami yang akan dirilis di kuartal kedua tahun ini. Sehingga pengguna dapat satu langkah lebih depat ke setiap momen hebat dalam hidupnya," pungkas Wang.

Jika digabungkan, ketiga kamera yang ada dalam sistem ini setara dengan lensa 16mm-160mm. Kamera utamanya punya resolusi 48 megapixel, sementara kamera ultra wide-nya mempunyai cakupan pandang 120 derajat.

Kamera dengan lensa tele-nya punya fitur D-cut optical, yang disusun secara horizontal menggunakan prisma periskop. Hal ini diperlukan agar ketebalan ponsel bisa tetap tipis, karena menurut Oppo, jika menggunakan susunan lensa standar, ketebalannya akan mencapai 15 mm, sementara jika memakai metode periskop, ketebalannya hanya 6,76mm.

"Kami menempatkan struktur kamera dalam layout horizontal. Lalu kami gunakan kaca prisma dalam sistem lensa sehingga secara signifikan mengurangi ketebalan lensa," jelas Wang.



"Bayangkan modul kamera hanya punya ketebalan 6,76mm, mengurangi 55% ketebalan. Nyaris sama tebalnya dengan lensa yang dipiliki R17 Pro," imbuhnya.

Tapi tidak hanya itu rahasianya. Oppo turut menempatkan dua motor auto fokus pada kamera utama dan wide-angle-lens pada modul yang sama. Hal ini mengurangi 13% ruang sehingga pihaknya dapat menempatkan sensor besar pada lensa telephoto agar kualitas gambar lebih tajam dan realistis. (asj/fyk)