Sabtu, 23 Feb 2019 22:01 WIB

Laporan dari Barcelona

Oppo Pamer Teknologi Zoom 10x, Apa Kehebatannya?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Teknologi 10x Lossless Zoom besutan Oppo. Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET Teknologi 10x Lossless Zoom besutan Oppo. Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET
Barcelona - Tidak hanya membeberkan kesiapannya dalam menyongsong era 5G, Oppo turut memamerkan kehebatan teknologi 10x Lossless Zoom.

Product Manager Oppo Chuck Wang menjelaskan pihaknya membesut struktur tiga kamera belakang untuk mengatasi tantangan beragam jarak fokus dan zoom. Struktur ini terdiri dari kamera utama yang berukuran 48 MP.


Kamera kedua menggunakan lensa dengan ulta-wide-angle 120 derajat. Lalu kamera ketiga yang memakai lensa telephoto yang bertanggung jawab atas beragam jarak fokus.


"Panjang fokus lensa telephoto sepuluh kali dari lensa ultra wide angle, Dari 160 mm ke 160mm," ungkap Wang.

Kendalanya ponsel saat ini harus tampil ramping dan bagian belakang flat. Tapi Oppo punya cara agar tetap ponselnya bisa men-zoom 10 kali tapi membuat modul kamera dengan ketebalan 15 mm saja. Modul periscope menjadi kuncinya.

Oppo Pamer Teknologi Zoom 10x, Apa Hebatnya?Modul periskop yang membuat kamera Oppo bisa zoom 10x. Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET
"Kami menempatkan struktur kamera dalam layout horizontal. Lalu kami gunakan kaca prisma dalam sistem lensa sehingga secara signifikan mengurangi ketebalan lensa," jelas Wang.

"Bayangkan modul kamera hanya punya ketebalan 6,76mm, mengurangi 55% ketebalan. Nyaris sama tebalnya dengan lensa yang dipiliki R17 Pro," imbuhnya.

Tapi tidak hanya itu rahasianya. Oppo turut menempatkan dua motor auto fokus pada kamera utama dan wide-angle-lens pada modul yang sama. Hal ini mengurangi 13% ruang sehingga pihaknya dapat menempatkan sensor besar pada lensa telephoto agar kualitas gambar lebih tajam dan realistis.

Oppo Pamer Teknologi Zoom 10x, Apa Hebatnya?Struktur tiga kamera. Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET

Agar tidak blur ketika melakukan zoom, Oppo menempatkan Optical Image Stabilization pada kamera utama dan telephoto.

"Ketika kita menggunakan 10x Lossless Zoom, presisi stabilisasinya mencapai 0,001445 derajat. Ini 73% peningkatan dari teknologi Oppo 5X Lossless Zoom," terang Wang.



(afr/afr)