Sabtu, 23 Feb 2019 21:05 WIB

Laporan dari Barcelona

Tiga Strategi Oppo Tampil Terdepan di 5G

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET Foto: Anggoro Suryo Jati/detikINET
Barcelona - Masa depan industri ponsel saat ini adalah 5G, karena bisa menghadirkan kemungkinan yang tak terbatas, kreativitas, imaginasi, maupun konektivitas. Dan Oppo pede dapat tampil terdepan.

"5G didapuk sebagai game changer di industri smartphone, dan kami di Oppo penyadari tren besar ini. Karenanya kami menyiapkan tiga strategi untuk tetap terdepan di era 5G," kata Anyi Jiang, Vice President Oppo di acara bertajuk Get Closer yang berlangsung Sofia Hotel, Barcelona, Spanyol, Sabtu (23/2/2019).


Strategi pertama dengan mengelontorkan investasi yang besar untuk riset pengembangan di 2019. Jumlahnya mencapai USD 1,5 miliar atau sekitar Rp 21,023 triliun. Riset akan difokuskan pada 5G, kecerdasan buatan, imaging, cloud dan produk baru.


"Januari kemarin kami membuat inttelligent mobile devices busniess unit untuk membuat produk IoT. Dan kami membuat IoT platform untuk partner dan developer untuk menghadirkan layanan, aplikasi dan produk IoT," kata Anyi.

Strategi kedua, dukungan pada riset dan pengembangan yang besar. Tahun kami kemaren kami membangun institut riset global dengan 6 divisi riset, 4 pusat R&D dan 3 pusat desain yang berlokasi di Shanghai, Shenzhen dan London.

Tiga Strategi Oppo untuk Terdepan di 5GSalah satu strategi Oppo untuk terdepan di 5G. Foto: Oppo


"Dengan lebih dari 3.000 lebih engineer yang akan mengembangkan baik software maupun hardware," ungkap Anyi.

Strategi ketiga dengan berpartner dengan sejumlah vendor chip dan operator dalam 5G Landing Project . Beberapa operator yang telah digaet meilupti Swisscom, Telstra, Optus dan Singtel.

"Kolaborasi ini untuk menggali oportuniti di era 5G bersama-sama," terang Anyi.

Oppo sendiri sudah bersiap menggarap 5G sejak 2015, dan mereka pun sudah banyak berinvestasi dalam desain dan teknologi untuk memastikan kehadiran ponsel yang bisa memanfaatkan kehadiran 5G secara maksimal.

Tiga Strategi Oppo untuk Terdepan di 5GAnyi Jiang, Vice President Oppo Foto: Oppo


Fitur-fitur 5G yang layak ditunggu dari ponsel 5G ini antara lain adalah download dan upload video 4K dan 8K, 3D video call, 5G cloud gaming, game AR/VR multiplayer, AR shopping, dan banyak lagi.

Pabrikan asal China itu memamerkan sejumlah penerapan dari teknologi 5G di gelaran bertajuk Innovation Event, yang diadakan di Hotel Sofia, Barcelona, Spanyol. Dari telepon hologram, sampai AR shopping.


Sementara di acara MWC 2019 nanti, Oppo akan hadir di booth Ericsson dan Qualcomm, di mana pengguna bisa merasakan pengalaman menggunaan cloud gaming dengan game SoulCalibur6 yang dibuat berdasarkan kerja sama dengan Shadow, sebuah perusahaan cloud gaming.

Pada acara yang sama Oppo juga memamerkan teknologi kamera terbarunya, yaitu 10x Lossless Zoom. Fitur ini diklaim Oppo sebagai teknologi kamera ponsel pertama yang mempunyai 10x Lossless Zoom di dunia. (afr/afr)