Mengenal Exynos 9820 yang Bikin Keren Kamera Galaxy S10 cs

Laporan dari San Francisco

Mengenal Exynos 9820 yang Bikin Keren Kamera Galaxy S10 cs

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Kamis, 21 Feb 2019 12:29 WIB
Samsung Galaxy S10. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET
San Francisco - Pada November 2018 lalu, Samsung resmi merilis chipset terbarunya dalam diri Exynos 9 Series 9820. Memiliki nama singkat Exynos 9820, system on a chip (SoC) tersebut menjadi dapur pacu bagi lini Galaxy S10 terbaru. Exynos 9820 dibuat dengan pabrikasi baru 8 nm Low Power Plus (LPP) FinFET.

Lalu, arsitektur tri-cluster octa-core CPU membuatnya bisa melakukan pekerjaan komputasi berat. Sebagai penunjang, ada dua core Cortex-A75 dan empat Cortex-A55.

Konfigurasi baru ini diklaim punya performa single-core dan multi-core lebih tinggi, masing-masing 20% dan 15%, ketimbang chipset pendahulunya. Selain itu, efisiensi baterai juga bisa meningkat hingga 40%.

Kemudian, modem LTE-Advanced Pro mempunyai kecepatan downlink maksimal 2 Gbps dan uplink 316 Mbps. Seperti pendahulunya, Exynos 9820 bergantung pada teknologi 4x4 MIMO, 256-QMA dan eLAA untuk menghasilkan kecepatan koneksi yang sangat tinggi.




Lebih lanjut, Exynos Modem 5100, model seluler Samsung untuk teknologi 5G, bisa ditandemkan dengan Exynos 9820. Hal ini membuat SoC tersebut bisa mendukung teknologi jaringan generasi kelima itu.

Pada sisi GPU, Samsung menggunakan core Mali-G76 MP12. Dari situ, mereka mengklaim Exynos 9820 bisa menghasilkan performa 40% lebih tinggi atau pengiritan daya sebanyak 35% dalam hal menjalankan aplikasi yang berkaitan dengan game, VR, hingga AR.

Ada juga NPU anyar yang terpisah dari CPU dan GPU yang bisa membuat pemrosesan AI tujuh kali lebih kencang dibanding pendahulunya.




Pada praktiknya, NPU ini memungkinkan ponsel yang ditanami Exynos 9820 memiliki efektivitas baterai lebih baik, makin mumpuninya fitur dalam kamera, serta performa AI dengan latensi lebih minim.

Soal bikin mumpuni kamera, Exynos 9820 mampu membantunya dalam menyesuaikan dengan kondisi objek dan pencahayaan yang ada.

Selain itu, melalui image signal processor (ISP) yang lebih baik, chipset ini juga memungkinkan untuk meningkatkan implementasi optical zoom dan efek bokeh lebih jauh lagi.




Tidak hanya itu, chipset ini memungkinkan fokus yang lebih baik, exposure dan white balance yang lebih akurat, warna yang lebih cerah, serta lebih minimnya noise juga bisa dihasilkan berkat peningkatan pada ISP tersebut.

Tambahan lainnya, Multi-Format Codec (MFC) yang diperbarui dalam Exynos 9820 juga membuatnya bisa mengkompres video kualitas 8K sehingga ukuran file-nya lebih kecil.

Terakhir, layar trio Galaxy S10 yang sudah mendukung HDR10+, sekaligus pertama untuk smartphone, juga berkat Exynos 9820. Hal ini membuat layar ketiga ponsel tersebut mampu menampilkan konten kualitas 4K UHD.


(rns/rns)