Selasa, 19 Feb 2019 21:07 WIB

Begini Kemampuan Oppo 10X Lossless Zoom

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Oppo Foto: Oppo
Jakarta - Aksi Oppo di perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2019 cukup ditunggu. Banyak orang penasaran akan kemampuan teknologi 10X Lossless Zoom yang rencananya bakal dipamerkan di ajang tersebut.

Namun sebuah video yang baru saja beredar di media sosial Weibo menjawab semua itu. Video berdurasi 21 detik itu memperlihatkan rekaman layar saat menjalankan fitur Oppo 10X Lossless Zoom di aplikasi kamera.




Mulanya dalam mode standar, lalu diperlihatkan kemampuan optical zoom 2x seperti dimiliki kebanyakan ponsel yang punya lensa tele. Barulah kemudian fitur zoom diarahkan ke posisi maksimal, yakni 10x.

Hasilnya cukup memukau. Patung di Sagrada Familia tampak begitu detail dan tidak pecah. Untuk lebih jelas bisa melihat video di bawah ini:



Untuk diketahui teknologi 10X Lossless Zoom merupakan pengembangan dari teknologi 5X Lossless Zoom yang dikenalkan pada MWC 2017. Oppo membawa modul kamera ganda yang terdiri kamera wide angle dan telephoto. Pada lensa telephoto ini, Oppo menggunakan struktur periskop yang terinspirasi dari kapal selam.

Lensa tidak disusun secara vertikal, tapi dibuat horizontal. Gunanya untuk membantu masuknya cahaya ke lensa, Oppo menggunakan solusi kaca prisma.

Adapun manfaatnya masih tersedia cukup ruang untuk melakukan zoom mendalam. Selain itu gambar yang dihasilkan diklaim semakin jelas dan detail.

Namun dalam pengembangannya, Oppo menambahkan lensa yang mempunyai focal lenght setara dengan 15,9 mm sampai 159 mm. Artinya cakupannya dari ultrawide sampai medium telephoto, dan bisa juga dianggap seperti menggabungkan tiga buah lensa prime ke dalam satu lensa.



Sistem kamera ini juga dilengkapi dengan optical image stabilization, namun Oppo belum menyebut informasi apapun soal bukaan diafragma pada lensa kamera tersebut. Bukaan diafragma selama ini dikenal menjadi masalah pada lensa zoom yang ada pada ponsel.

Pasalnya dengan bukaan yang kecil hasilnya menjadi jelek, bahkan lebih jelek ketimbang meng-crop foto yang dipotret menggunakan kamera utama dengan bukaan besar, kecuali pada kondisi dengan cahaya yang memadai. Mungkin soal diafragma ini akan dikupas Oppo saat MWC nanti.

Begini Kemampuan Oppo 10X Lossless ZoomFoto: Dok. Oppo

Sebelumnya diberitakan, Vice President Oppo Shen Yiren mengeluarkan pengumuman penting. Dia memastikan teknologi 10X Lossless Zoom siap diproduksi massal.

Menurutnya, teknologi yang akan dipamerkan di MWC itu bakal mulai diproduksi Oppo mulai tengah tahun ini. Proses produksi bakal digeber hingga akhir tahun guna bantu Oppo memenuhi stok sepanjang 2019.


(afr/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed