Senin, 18 Feb 2019 21:10 WIB

Tanpa Login, Aplikasi Bawaan Android Akan Tetap Bisa Update

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta - Tak semua orang rajin memperbarui aplikasi Android-nya, dan Google pun memudahkan mereka dengan fitur pembaruan otomatis, bahkan tanpa perlu login ke akun Google-nya.

Aplikasi yang bisa memanfaatkan fitur ini adalah beberapa aplikasi bawaan ponsel. Tujuannya adalah agar aplikasi bisa memberikan pengalaman pengguna yang konsisten di semua perangkat Android.

Setidaknya itulah yang dituliskan Google dalam suratnya ke para developer. Ya, Google memang menyurati para developer aplikasi Android untuk meminta agar aplikasi buatannya bisa diperbarui meski tanpa login ke akun Google.




"Fitur ini akan memberikan pengalaman pengguna yang konsisten di setiap perangkat yang ada dan membuat mereka bisa mengakses fitur terbaru dan terbaik yang dibuat oleh developer," tulis Google.

"Selain itu fitur ini juga membantu developer untuk mengurangi biaya overhead yang dibutuhkan untuk mendukung versi aplikasi jadul," tambah raksasa mesin pencari itu.

Meskipun memang sebenarnya jika ponsel Android benar-benar digunakan, seharusnya penggunanya akan login menggunakan akun Google-nya. Namun jika ada pengguna yang tak melakukan login, harapannya mereka tetap bisa memperbarui aplikasinya itu.

Kalau pun ada pengguna yang tak ingin aplikasi di ponselnya diperbarui secara otomatis, mereka bisa mematikan fitur ini melalui pengaturan di Play Store-nya. Fitur ini bisa diterapkan pada ponsel Android dengan OS Lollipop ke atas, demikian dikutip detikINET dari Fortune, Senin (18/2/2019).


(asj/krs)