Minggu, 03 Feb 2019 22:01 WIB

'Gelap-gelapan' di Android Q Bisa Hemat Daya Sampai 50%

Kris Fathoni W - detikInet
Sebuah tes menguji seberapa signifikan pengaruh mode gelap di Android Q terhadap konsumsi daya. (Foto: Dado Ruvic/Reuters) Sebuah tes menguji seberapa signifikan pengaruh mode gelap di Android Q terhadap konsumsi daya. (Foto: Dado Ruvic/Reuters)
Jakarta - Salah satu fitur besar yang akan diusung oleh Android Q adalah keberadaan mode gelap alias dark mode. Berkat "gelap-gelapan" itu, konsumsi daya ternyata bisa hemat sampai 50%!

Angka kisaran 50% itu didapat dari sebuah tes yang dilakukan oleh PhoneArena. Tes itu sendiri, seperti dikutip detikINET dari GizChina.com, dilakukan dengan menggunakan ponsel Google Pixel 3.




Dalam tes tersebut, Pixel 3 itu awalnya diset pada tingkat kecerahan rata-rata pada titik yang tetap. Setelah itu konsumsi daya pada perangkat dipantau setelah mengubah tema antarmukanya ke mode gelap.

'Gelap-gelapan' di Android Q Bisa Hemat Baterai Sampai 50%Foto: Phone Arena via GizChina.com

"Menurut hasil tes tersebut, aplikasi dasar yang terbenam di dalam ponsel bisa berjalan dengan daya lebih hemat sampai 50%!" kata GizChina.com.

Sepanjang tes itu, staf penguji melakukan sejumlah hal seperti membuka kontak buku telepon, daftar telepon, menu pengaturan, juga membuka penelusuran Google dan melihat hasil pencarian.




Hasil pengukuran daya ini menunjukkan bahwa ketika mode gelap digunakan, konsumsi baterai bisa turun sampai 30% saat menjalankan fungsi browsing dan sejumlah aplikasi dasar.

'Gelap-gelapan' di Android Q Bisa Hemat Daya Sampai 50%Foto: Phone Arena via GizChina.com

Tidak cuma itu, tes tersebut juga memperlihatkan kecenderungan bahwa konsumsi daya saat memakai aplikasi pihak ketiga pun bisa lebih irit sampai 20% saat mode gelap sudah diterapkan.

Salah satu contoh yang dipaparkan adalah aplikasi Facebook Messenger, yang aslinya punya warna latar belakang putih terang, mampu mengonsumsi data 20% lebih sedikit dalam mode gelap. Ini berimbas pada baterai ponsel yang hemat sampai 14,8%.

'Gelap-gelapan' di Android Q Bisa Hemat Daya Sampai 50%Foto: Phone Arena via GizChina.com

"Kesimpulan umumnya adalah mode gelap global pada Android Q berimbas amat signifikan pada konsumsi daya yang lebih irit di smartphone," sebut GizChina.com.

(krs/krs)