Kamis, 17 Jan 2019 16:33 WIB

LG G8 ThinQ Bakal Punya Dua Layar dan 'Touchless'

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ponsel baru LG, yaitu LG G8 ThinQ, bakal punya layar dan bisa dioperasikan secara touchless. Foto: LG Ponsel baru LG, yaitu LG G8 ThinQ, bakal punya layar dan bisa dioperasikan secara 'touchless'. Foto: LG
Jakarta - LG dilaporkan bakal meluncurkan seri ponsel flagshipnya pada Februari mendatang, tepatnya dalam ajang MWC 2019. Adalah LG G8 ThinQ yang menjadi nama dari perangkat tersebut.

Laporan dari media asal Korea Selatan menyebut bahwa ia akan memiliki dua layar yang dapat disambung menjadi satu. Hal ini membuatnya menjadi berbeda ketimbang konsep ponsel layar lipat kebanyakan, seperti milik Samsung maupun Royole.




Disebutkan bahwa ketika dua layar dari LG G8 ThinQ ini sedang dalam kondisi tersambung, maka luasnya bisa mencapai 7 inch, mirip tablet. Sedangkan pada kondisi sebaliknya, maka penggunannya akan mendapat layar hampir 4 inch, atau kurang lebih seukuran iPod Touch generasi terkini.

Yang menjadi menarik adalah bagaimana dua layar tersebut bisa tersambung. Media asal Korea Selatan lebih merujuk ke arah ponsel layar lipat. Sedangkan media dari Amerika Serikat tidak melaporkan secara demikian.

LG G8 ThinQ sendiri bukan ponsel pertama dengan fitur dua layar yang bisa disambungkan. Sebelumnya sudah ada ZTE Axon M yang menggunakan semacam engsel untuk menggabungkan dua layar kepunyaannya.

Lantas, berapa harga yang bakal dimiliki oleh ponsel tersebut nantinya? Disebutkan bahwa perkiraan harga LG G8 ThinQ akan berada di kisaran 1 juta won, atau sekitar Rp 12,5 juta, sebagaimana detikINET kutip dari Tech Radar, Kamis (17/1/2018).

Di samping terobosannya dalam menggabungkan dua layar pada smartphone tersebut, LG juga sepertinya bakal memberikan interface baru pada perangkat anyarnya itu. Pengoperasiannya bahkan disebut-sebut akan 'touchless'.



Dilaporkan bahwa akan ada sensor di depan ponsel untuk mengenali gerakan tangan dari pengguna tanpa perlu adanya sentuhan pada layar. Sejumlah gestur seperti swipe dapat dilakukan ketika tangan berada pada jarak 20-30 cm dari layar.

Menarik untuk ditunggu apakah LG G8 ThinQ akan menjadi pesaing kuat dari ponsel layar lipat Samsung nantinya. Paling tidak, kita masih harus menunggu sampai bulan depan untuk melihat wujud nyata dari kedua perangkat tersebut.


(mon/krs)