Rabu, 16 Jan 2019 18:03 WIB

Catatan dari Las Vegas

Siap-siap! Televisi 8K Mulai Gempur Pasar Tahun ini

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Perangkat-perangkat yang membanjiri ajang CES bisa menjadi tren sepanjang tahun. Nah tahun ini, televisi (TV) 8K begitu menyemarakkan pameran yang berlangsung di Las Vegas itu.

Tidak hanya Samsung dan LG, sejumlah vendor televisi asal Jepang dan China membawa TV 8K ke ajang CES 2019. Ukuran cukup beragam, dari 65 inch hingga paling besar 98 inch.




Melihat itu semua, banyak pihak yakin pasar elektonik di seluruh dunia bakal digempur oleh kehadiran TV 8K. Tidak terkecuali Indonesia, walaupun TV 4K sendiri belum begitu menjamur. Pertanyaannya patutkah menanti kehadiran TV 8K?

Jika kamu sudah melihat bagaimana TV 4K menyajikan gambar, maka jawabnya TV 8K patut ditunggu. Pasalnya mata akan lebih dimanjakan lagi dengan gambar yang terproduksi.

Televisi 8K menawarkan resolusi 7680 x 4320 pixel. Artinya ini empat kali dari UHD, enam belas kali Full HD. Selain itu akan menampung 33 juta pixel per panelnya, bisa dibayangkan detail yang ditampilkan.


Perbandingan televisi 8K dan 4KPerbandingan televisi 8K dan 4K Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


Memang di masa-masa awal, konten akan menjadi kekurangannya. Tapi seiring waktu bakal banyak video 8K yang bisa dinikmati.

Lihat saja saat 4K UHD hadir beberapa tahun lalu, konten yang bisa ditonton mungkin masih hitungan jari. Tapi sekarang sudah begitu banyak film 4K yang bisa dinikmati bahkan secara streaming.

Sembari menunggu bisa menikmati konten 4K di televisi 8K, ada fitur upscaling yang akan menjaga kualitas gambar tetap apik kala ditonton.




Soal koneksi, rasanya tak akan jadi kendala mengingat kualitas jaringan internet makin kencang belakangan ini. Tapi memang untuk streaming 8K bakal membutuhkan kecepatan koneksi yang cukup tinggi. Bila untuk menikmati konten 4K UHD dibutuhkan kecepatan 15-25 Mbps, video 8K meminta koneksi minimal 50 Mbps.

Tinggal siapkan saja dana untuk membelinya. Sebab jajaran televisi 8K bakal dibanderol cukup tinggi ketimbang 4K UHD.


(afr/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed