Senin, 14 Jan 2019 17:15 WIB

Duh! AirPods Bisa Dipakai untuk 'Nguping'

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Apple AirPods ini ternyata bisa digunakan untuk nguping. (Foto: Stephen Lam/Getty Images) Apple AirPods ini ternyata bisa digunakan untuk nguping. (Foto: Stephen Lam/Getty Images)
Jakarta - Pembaruan pada iOS 12 ternyata membuat perangkat Apple AirPods bisa digunakan untuk menguping pembicaraan orang lain. Kok bisa?

Pada September 2018 lalu, Apple resmi merilis sistem operasi terbaru untuk perangkat mobile miliknya, yaitu iOS 12. Meski diklaim sudah diadopsi oleh sekitar 75% perangkat iOS, nyatanya sistem operasi tersebut tetap memunculkan berbagai masalah.

Satu yang terbaru adalah hadirnya fitur anyar pada AirPods yang memungkinkan orang untuk menguping pembicaraan. Fitur itu sendiri bernama Live Listen.




Adalah akun Twitter @arnoldcrndo yang membocorkan hal tersebut. Kicauannya itu pun menjadi viral dengan lebih dari 50 ribu retweet dan 152 ribu like yang didapatnya.

"Jika kamu memiliki AirPods, kami bisa menyalakan Live Listen dan tinggalkan ponsel milikmu di ruangan dengan seseorang di dalamnya dan kami dapat mendengar apa yang mereka katakan, ucapkan terima kasih padaku nanti," tulisnya.


Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa fitur tersebut bisa membuat iPhone menjadi sebuah walkie talkie. Lebih lanjut, Live Listen pun juga memungkinkan pelajar untuk melakukan kecurangan saat ujian.

Hal tersebut tentunya bisa meresahkan bagi banyak orang. Meski demikian, Apple sama sekali tidak merancang Live Listen dengan tujuan seperti itu.

Sejatinya, Live Listen memungkinkan sebuah iPhone untuk menjadi sebuah microphone dengan AirPods menjadi alat pendengar, sebagaimana detikINET kutip dari Digital Trends, Senin (14/1/2018). Hal tersebut berguna ketika berada di tempat yang cukup bising.




Untuk mengaktifkan fitur tersebut, user cukup ke pengaturan, lalu pilih menu Control Center, kemudian masuk ke Cotumize Controls. Setelah itu, tinggal tekan tanda plus di sebelah icon Hearing untuk menambahkannya ke Control Center.

Tujuan Apple untuk menambahkan fitur Live Listen ke AirPods adalah untuk membantu penggunanya yang mengalami masalah pendengaran minor. Sayangnya, memang ada kelemahan dari fitur tersebut yang membuat banyak pihak menyalahgunakannya.


(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed