Kamis, 10 Jan 2019 18:21 WIB

Rilis GPU Baru, Saham AMD Malah Merosot

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Peluncuran Radeon VII di CES 2019. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet Peluncuran Radeon VII di CES 2019. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet
Jakarta - AMD merilis GPU anyar di ajang CES 2019 di Las Vegas, Amerika Serikat, yaitu Radeon VII yang merupakan GPU 7nm pertama yang ada untuk kelas konsumen.

Chip anyar ini diklaim mempunyai performa 36% lebih tinggi dibanding GPU jagoan AMD sebelumnya. Namun tak lama setelah perilisan produk itu, saham AMD merosot 2,7% menjadi USD 20,19 per lembar sahamnya.

"AMD Radeon VII adalah kartu grafis gaming dengan performa paling tinggi yang pernah kami buat. GPU ini didesain untuk gamer, kreator, dan enthusiasts yang membutuhkan kualitas visual sangat tinggi, performa tanpa kompromi dan pengalaman gaming yang imersif," tulis AMD dalam keterangan persnya.

Namun ada satu hal yang tak ada dari Radeon VII, yaitu tak disebutkannya dukungan terhadap real time ray tracing. Yaitu sebuah teknologi yang dijagokan oleh Nvidia di GPU terbarunya.




Ray tracing ini sendiri menjanjikan performa visual yang lebih sinematik dan realistik. Dan fitur ini pun tersedia di chip GPU terbaru Nvidia RTX 2060 yang dirilis dua hari sebelum Radeon VII meluncur.

RTX 2060 sendiri merupakan GPU termurah yang punya fitur ray tracing, dan dijual jauh lebih murah ketimbang Radeon VII, yaitu USD 700 berbanding USD 346. Meski Radeon VII pun masih jauh lebih murah ketimbang GPU terkencang Nvidia saat ini dengan selisih sedikitnya USD 300.

Ke depannya, masih dalam Q1 2019, AMD diperkirakan akan merilis CPU 7nm pertamanya, yang diharapkan bisa membantu AMD mengambil sebagian market share Intel, yang masih berkutat dengan chip 10 nm, demikian dikutip detikINET dari Business Insider, Kamis (10/1/2019).


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed