Rabu, 09 Jan 2019 06:15 WIB

Laporan dari Las Vegas

Ketika Samsung dan Apple Akur Karena Televisi

Adi Fida Rahman - detikInet
Pengguna Smart TV Samsung bisa menikmati konten di iTunes. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet Pengguna Smart TV Samsung bisa menikmati konten di iTunes. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet
Las Vegas - Hubungan Samsung dan Apple kerap diwarnai perseteruan. Tapi berkat televisi, keduanya menjadi akur. Kok bisa?

Apple memang kerap tertutup akan ekosistemnya. Konten-konten yang dimiliki hanya bisa dinikmati lewat perangkat besutan mereka. Jadi sangat kecil kemungkinan Apple membagi ke vendor lain, apalagi yang jelas-jelas jadi rival beratnya.

Tapi ada pemandangan yang langka kala Samsung memperkenalkan jajaran televisi barunya di panggung CES 2019. Vendor asal Korea Selatan itu menyebut-nyebut nama Apple. Bukan untuk mengkomparasi, tapi mengumumkan kalau layanan milik Apple bisa dinikmati di perangkat mereka.



Kaget? detikINET pun sama. Jika sekadar AirPlay mungkin tidak mengagetkan. Karena hal itu biasa saja, banyak perangkat audio milik vendor lain pun mendukung AirPlay. Untuk diketahui AirPlay ini memungkinkan pengguna Apple memutar konten di iPhone, iPad dan Mac ke perangkat lain yang mendukung.

Nah jajaran Smart TV Samsung tidak hanya mendukung AirPlay 2. Pengguna bisa menikmati konten yang ada di iTunes.

Jadi dalam televisi pintarnya, Samsung menambahkan aplikasi iTunes Movie dan Air Show. Alhasil pengguna dapat menikmati film atau acara televisi yang sudah dibeli atau disewanya.
Ketika Samsung dan Apple Akur Karena TelevisiPengguna Smart TV Samsung bisa menikmati konten di iTunes. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet

"Ini pertama di industri, aplikasi baru iTunes Movies and TV Shows akan hadir perdana hanya dalam Samsung Smart TV," ujar Dave Das, SVP Consumer Electronics Product Marketing Samsung.

iTunes Movie dipastikan akan tersedia di lebih dari 100 negara. Sedangkan dukungan bagi Airplay 2 akan tersedia dalam Samsung Smart TV di 190 negara di dunia.

(afr/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed