Selasa, 08 Jan 2019 15:27 WIB

Ada iPad Pro Bengkok, Apple Kini Beri Penjelasan Panjang Lebar

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: Istimewa/Macrumors Foto: Istimewa/Macrumors
Jakarta - Apple merilis dokumen pendukung terbaru tentang proses manufaktur iPad. Informasi ini menjelaskan kemungkinan penyebab iPad Pro bengkok.

Seperti diketahui, sejumlah pengguna iPad Pro 2018 melaporkan perangkat mereka mengalami bengkok pada casing aluminumnya.

Apple mengakui hal ini bisa terjadi karena proses pembuatan, tapi di saat bersamaan tetap mempertahankan pernyataan sebelumnya yang menyebutkan bengkoknya iPad Pro anyar bukan sebuah cacat produksi dan seharusnya tak mempengaruhi performa tablet tersebut.




Dikutip dari Cult of Mac, Selasa (8/1/2019), sebagian besar isi dokumen tersebut menjelaskan mengenai bagaimana antena seluler dibenamkan pada perangkat tablet tersebut.

"Untuk mendukung performa seluler yang optimal, pita kecil atau 'belahan' vertikal di sisi iPad memungkinkan bagian-bagian penutup berfungsi sebagai antena seluler," demikian cuplikan penjelasan dalam dokumen tersebut.

Dilanjutkan dalam dokumen tersebut, untuk pertama kalinya di iPad, pita kecil ini dibuat menggunakan proses yang dinamakan co-molding.




"Dalam prosesnya yang menggunakan temperatur tinggi, plastik diinjeksikan ke 'belahan' di material alumunium tempat dia menempel pada pori-pori mikro di permukaan alumunium," tulis Apple dalam dokumen tersebut.

Tanpa terang-terangan menyebutnya, Apple secara tersirat menyebutkan bahwa proses dengan suhu menggunakan suhu tinggi terkadang menyebabkan casing unibody iPad menjadi bengkok.

Jelas, karena langkah berikutnya setelah menambahkan antena adalah proses pemeriksaan yang memastikan sebuah perangkat memenuhi standar. Apple menyebut, proses pemeriksaa ini sangat ketat.




"Pemeriksaan ini memungkinkan perangkat memiliki tingkat ketidakrataan tidak lebih dari 400 mikron pun di sepanjang sisi mana pun. (Ketebalan 400 mikron) kira-kira kurang dari empat lembar kertas," jelas Apple.

Penjelasan ini sekali lagi menggarisbawahi bahwa iPad Pro terbaru sudah melewati standar yang lebih tinggi dari model iPad sebelumnya.

Bagi konsumen yang melaporkan iPad Pro 2018 mereka bengkok, iPad punya jawaban sederhana: kembalikan. Apple mendorong pengguna yang iPad-nya bengkok untuk mengontak layanan support Apple untuk pengembalian perangkat.



(rns/krs)