Senin, 07 Jan 2019 21:17 WIB

Laporan dari Las Vegas

Nvidia Kenalkan Kartu Grafis Baru dengan Visual Lebih Realistis

Adi Fida Rahman - detikInet
GeForce RTX 2060 diperkenalkan. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET GeForce RTX 2060 diperkenalkan. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Las Vegas - Nvidia memanaskan perhelatan CES 2019 dengan membawa kartu grafis barunya, yang menawarkan visual yang lebih nyata. Berapa harganya?

Perangkat tersebut bernama GeForce RTX 2060, dibuat berbasis arsitektur Turing yang dirancang untuk membuat ray-tracking lebih mudah diakses.

Kartu grafis ini menawarkan 52T Tensor flops, 5 Gigarays per detik, dan 6 GB memori G6. GeForce RTX 2060 diklaim 60% lebih cepat daripada GPU paling populer Nvidia, GTX 1060.




"RTX 2060 bahkan mampu mengalahkan GeForce GTX 1070 Ti," ujar CEO Nvidia Jensen Huang di acara peluncuran di MGM Grand Hotel, Las Vegas, Minggu (6/1).

Membuktikan kemampuan GPU terbarunya, Huang lantas memamerkan demo Battlefield V dengan RTX menyala di 1440p.

Saat menampilkam misi pertempuran Rotterdam, Hang langsung menunjukkan bagaimana GPU Nvida mampu menampilkan pantulan matahari dan perahu di atas air. Sejumlah bangunan pun tercermin di atas air dan kaca mobil.




Bos Nvidia itu kemudian memastikan kartu grafis anyar itu akan tersedia pada 15 Januari mendatang. Harga GPU GeForce RTX 2060 dibanderol USD 349 atau sekitar Rp 4,9 juta.

Nvidia Kenalkan Kartu Grafis Baru dengan Visual Lebih RealistisBanderol GeForce RTX 2060. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


Dalam kesempatan ini, Nvidia juga menawarkan GPU baru dengan bundling game Anthem atau Battlefield V. Sedangkan RTX 2080 Ti hadir dengan keduanya.

Huang turut pula mengumumkan 40 model laptop baru dari sejumlah OEM ternama yang ditenagai GPU RTX. Perangkat ini baru akan tersedia pada akhir Januari.

Dari model-model baru, 17 perangkat di antaranya mengusung desain Nvidia Max-Q yang menawarkan pengalaman yang lebih tipis dan lebih senyap.


(rns/rns)