Android Messages Kebagian Fitur Anti Spam

Android Messages Kebagian Fitur Anti Spam

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 04 Jan 2019 16:31 WIB
Foto: Android Central
Jakarta - Google mulai menyebar fitur baru untuk Android Messages, yaitu fitur perlindungan terhadap pesan spam.

Fitur ini akan menganalisis pesan-pesan yang masuk untuk mendeteksi dan membuang semua pesan spam. Fitur ini sudah mulai bisa dinikmati oleh pengguna Android Messages.

Perlu diingat, fitur itu hadir dalam bentuk pembaruan dari sisi server, yang artinya tak ada pembaruan aplikasi pada ponsel. Pengguna hanya akan menerima pesan pop up berisi pemberitahuan kalau fitur ini sudah aktif.

Fitur anti spam ini akan dinyalakan secara default. Namun, jika pengguna tak ingin pesan-pesannya dibaca oleh Google, mereka bisa mematikan fitur ini pada menu yang bisa diakses dengan menekan icon tiga titk pada aplikasi Android Messages, lalu masuk ke dalam tab Advanced yang di dalamnya ada opsi untuk mematikan 'Spam protection'.




Agar bisa membantu mengidentifikasi spam, Google akan menyimpan nomor telepon dari orang yang mengirim dan menerima pesan dari anda secara sementara dan setiap mereka mengirim pesan ke anda, namun tidak menyimpan nomor telepon anda ataupun konten dari pesan tersebut," tulis Google dalam pernyataannya.

Google pun menyebut jika pengguna melaporkan spam secara manual ke mereka, maka isi pesan yang dilaporkan itu akan dikirim ke Google, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (4/1/2019).


(asj/krs)