Kamis, 03 Jan 2019 14:00 WIB

Windows 10 Akhirnya Salip Windows 7

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Drew Angerer/Getty Images Foto: Drew Angerer/Getty Images
Jakarta - Sebelum Windows 10 dirilis, bisa dibilang sistem operasi jagoan Microsoft adalah Windows 7. Popularitasnya bahkan tetap lebih tinggi ketimbang Windows 8 yang dirilis sebelum Windows 10.

Namun kini pangsa pasar Windows 7 sudah tersalip oleh adiknya, yaitu Windows 10. Laporan ini muncul sekitar setahun sebelum Microsoft menyetop dukungannya untuk Windows 7.

Butuh waktu cukup lama bagi Windows 10 untuk menjadi OS Microsoft yang paling populer di dunia. Yaitu tiga setengah tahun setelah pertama dirilis ke pasaran, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Kamis (3/1/2019).

Menurut laporan dari Net Applications, market share Windows 10 per Desember 2018 lalu mencapai 39,22%, sedikit lebih tinggi ketimbang market share Windows 7 36,9%. Microsoft sendiri mungkin saja mengharapkan kalau market share Windows 10 bisa menyalip Windows 7 sejak lama.




Namun tampaknya memang sulit mengalahkan popularitas Windows 7 yang sudah dirilis sejak 10 tahun yang lalu. Hal ini terlihat dari program Microsoft yang awalnya menargetkan 1 miliar perangkat menjalankan Windows 10 yang diharapkan bisa terjadi tiga tahun setelah OS tersebut dirils.

Tenggat waktu tersebut kemudian ditambah oleh Microsoft karena mereka menyadari target ini sulit tercapai. Saat ini pun jumlah perangkat yang menjalankan Windows 10 baru mencapai sekitar 700 juta perangkat.

Soal Windows 7, Microsoft akan menghentikan tambahan waktu dukungan untuk OS tersebut pada 14 Januari 2020 mendatang. Microsoft akan sulit memfokuskan pelayanannya ke Windows 10 karena masih banyak pengguna yang rela membayar uang tambahan untuk program Extended Security Updates di Windows 7.


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed