Kamis, 03 Jan 2019 13:00 WIB

75% Perangkat iOS sudah Adopsi iOS 12

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Stephen Lam/Reuters Foto: Stephen Lam/Reuters
Jakarta - Perangkat iOS dalam sejarahnya memang belum pernah bermasalah dengan tingkat adopsi iOS terbaru. Begitu juga halnya dengan iOS 12.

Menurut situs Developer miliknya, Apple mengklaim kalau iOS 12 sudah terpasang di 75% dari semua perangkat iOS yang ada, alias tiga perempatnya sudah menggunakan OS terbaru. Bahkan, klaim Apple, jika semua perangkat iOS yang dirilis lebih dari empat tahun lalu dihitung, persentasenya meningkat menjadi 78%.

Tingginya angka ini juga menunjukkan kalau pendekatan Apple terhadap iOS 12 lebih baik ketimbang iOS 11, yang adopsinya lebih lambat. Pada Januari 2018 lalu, tingkat adopsi iOS 11 hanya 65%.

Pendekatan yang dimaksud adalah fokus Apple pada kualitas OS ketimbang menggeber fitur-fitur anyar yang menarik perhatian. Pasalnya saat iOS 11 dirilis, banyak bug yang masih ada pada versi penuh pembaruannya.

Hal itu disebut membuat banyak pengguna frustrasi, terlebih lagi mengingat Apple terkenal sebagai perusahaan yang sangat memperhatikan hal-hal yang kecil, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Kamis (3/1/2019).




Tingginya adopsi iOS terbaru oleh perangkat-perangkat bikinan Apple memang sangat terbantu dengan cara perusahaan asal Cupertino, AS itu dalam mendistribusikan pembaruan tersebut.

Yaitu dengan memberikan pembaruan secara serentak untuk semua pengguna. Hal ini disebut memudahkan pengguna untuk memperbarui sistem operasi perangkatnya ke versi terbaru.

Hal ini berbeda dengan tingkat adopsi OS Android terbaru. Bahkan, laman Android developer dashboard belum diperbarui sejak Oktober lalu.

Pada dashboard terakhir itu, lebih dari 50% pengguna Android masih 'terjebak' di Android Marshmallow, yang dirilis pada 2015. Sementara untuk Android Pie yang terbaru, data per Oktober lalu menunjukkan tingkat adopsinya kurang dari 0,1%.


(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed