Senin, 31 Des 2018 21:21 WIB

Perbandingan 'Ponsel Layar Bolong' Samsung, Huawei, dan Honor

Adi Fida Rahman - detikInet
Bagaimana perbandingan tiga ponsel layar bolong dari Samsung, Huawei, dan Honor? (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET) Bagaimana perbandingan tiga ponsel layar bolong dari Samsung, Huawei, dan Honor? (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta - Tiga "ponsel layar bolong", dengan lubang kamera di layar, telah diirilis dengan klaim keunggulannya masing-masing. Yuk kita coba bandingkan ketiga ponsel ini.

Ponsel pertama dengan lubang kamera di layar adalah Galaxy A8s. Samsung memperkenalkannya pada 11 Desember silam. Selang seminggu lahir Huawei Nova 4, kemudian jelang tutup tahun Honor View 20 pun diungkap.



Layar

Sudah menjadi tradisi Samsung mengusung layar AMOLED pada ponsel Galaxy serie A. Sayangnya Galaxy A8s ini hanya mengandalkan layar IPS. Teknologi serupa juga dipakai Nova 4 dan View 20.

Ukuran layar ketiga ponsel ini pun sama, yakni 6,4 inch. Resolusinya masing-masing Full HD+. Namun Samsung harus mengakui keunggulan dua kompetitornya lantaran lubang kamera di layar lebih kecil, sehingga berdampak pada rasio screen to body.

Galaxy A8s punya lubang kamera berdiameter 6,5 mm dengan rasio screen to body mencapai 84,7%. Lubang kamera Nova 4 berdiameter 4,5mm dengan rasio screen to body 86,3%. Sementara View20 juga berdiameter 4,5mm dan rasio 85,7%.

Desain

Secara dimensi, ketiga ponsel ini sejatinya tidak berbeda jauh. Samsung membuat Galaxy A8s dengan ukuran 158,4 x 74,9 x 7,4 mm dengan bobot 173 gram. Huawei Nova 4 dibuat dengan ukuran 157 x 75,1 x 7,8 mm dengan bobot 172 gram. Sedangkan Honor View20 berdimensi 156,9 x 75,4 x 8,1 mm dengan bobot 180 gram.

Tapi dari ketiga ponsel ini, View20 yang paling sedap dipandang mata. Pasalnya Honor mengadopsi nano-vacuum coating tekstur invisible aurora generasi keempat. Begitu diterpa cahaya kita akan melihat bentuk V dengan gradasi warna yang gemerlap.

Kamera

Galaxy A8s, Nova 4 dan View20Galaxy A8s, Nova 4 dan View20 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


Nova 4 dan Galaxy A8s mengusung tiga kamera di bagian belakangnya. Kamera Nova 4 cukup menarik, dengan Huawei menggunakan sensor Sony IMX576 CMOS pada kamera utama. Ukurannya sendiri masing-masing 48 MP, 16 MP dan 2 MP.

Samsung membekali Galaxy A8s dengan kamera 10 MP telephoto dengan 2x optical zoom, sensor utama 24 MP f/1.7 dan sensor portrait 5 MP f/2.2.

Kamera View20 memang tidak sebanyak kedua ponsel lainnya. Tapi ukuran kameranya 48 MP dan dilengkapi sensor 3D ToF (Time of Flight) yang dapat digunakan untuk augmented reality yang menghadirkan dukungan untuk pengukuran kedalamanan, penangkapan gerak, bentuk tubuh, dan lain-lain.

Namun demikian, mana dari ketiganya yang paling unggul tentu harus dibuktikan lebih jauh dengan hasil jepretan masing-masing.




Dapur Pacu

Di atas kertas, prosesor yang digunakan View20 unggul. Sebab Kirin 980 yang dipakai punya fabrikasi 7nm, sementara Snapdragon 710 di Galaxy A8s fabrikasinya 10 nm, demikian pula Kirin 970 yang dipakai Nova 4.

Mana yang lebih ngacir kinerjanya, tentu harus diuji lebih lanjut. Apalagi ketiganya sudah menjalankan Android Pie.

Baterai

baterai View20 dan Nova 4 punya kapasitas 4.000 mAh. Sementara Galaxy A8s hanya memiliki daya tampung 3.300 mAh. Ketiga ponsel ini dilengkapi pengisian cepat.

Sejumlah fitur dimiliki Galaxy A8s, tapi tidak dimiliki dua ponsel lainnya. Begitu pula sebaliknya, berikut perbandingan lengkap spesifikasi tiga ponsel ini.




Perbandingan Tiga Ponsel dengan Lubang Kamera di LayarFoto: Adi Fida Rahman/detikINET



(afr/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed