Asus Zenfone 5Z Resmi Dapat Android 9 Pie

Asus Zenfone 5Z Resmi Dapat Android 9 Pie

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Jumat, 28 Des 2018 15:59 WIB
Zenfone 5Z, ponsel anyar Asus yang resmi kebagian Android 9 Pie. Foto: Phone Arena
Jakarta - Asus Zenfone 5Z dilaporkan telah mulai menerima pembaruan sistem operasi ke Android 9 Pie. Hal ini diketahui dari sebuah forum yang berisi para pengguna Asus.

Disebutkan bahwa pembaruan ini hadir dalam bentuk FOTA (firmware-over-the-air). Secara manual, update ke Android 9 Pie ini dapat dilakukan dengan masuk ke pengaturan, lalu ke menu About (Tentang Ponsel), dan kemudian pilih System Update (Pembaruan Sistem).




Selain sistem operasinya yang baru, tentunya juga ada sejumlah fitur atau pengembangan anyar yang dibawa. Salah satunya adalah peningkatan dalam kinerja kamera yang lebih cepat. Kemudian, dikatakan juga terdapat tema versi gelap dan sistem navigasi baru dengan dukungan gestur.

Untuk saat ini, pembaruan Android 9 Pie pada Zenfone 5Z diketahui sudah dinikmati oleh sejumlah penggunanya di Taiwan, kampung halaman Asus. Hal tersebut tampak dari sejumlah unggahan yang mereka pasang di Telegram.

Pada sejumlah unggahan, disebutkan bahwa update OS ini juga membawa security patch terbaru Android per November 2018. Untuk ukuran pembaruannya sendiri adalah 1.048 MB, sebagaimana detikINET kutip dari NDTV, Jumat (28/12/2018).




Sebelumnya, Asus memang sudah mengumumkan bahwa Zenfone 5Z dipastikan mendapat pembaruan ke Android 9 Pie. Meski demikian, mereka mengatakan update tersebut akan meluncur pada Januari 2019 mendatang. Bisa jadi, yang dimaksud oleh mereka adalah ketersediaan secara luas, tak hanya untuk beberapa user di Taiwan.

Sedikit berbarengan, sejumlah ponsel juga sudah mendapat update OS ini. Beberapa yang terbaru adalah Nokia 5.1, Nokia 6.1, OnePlus 5, dan OnePlus 5T.



Tonton juga video 'Kenalkan Ponsel Game Zenfone Max Pro M2':

[Gambas:Video 20detik]

(mon/krs)