Jumat, 28 Des 2018 11:03 WIB

Lewat SoD, Layar Ponsel Samsung Bisa Kian Lega Tanpa Bezel

Virgina Maulita Putri - detikInet
Samsung Galaxy S9 Plus, ponsel-ponsel penerusnya bisa kian minim bezel lewat teknologi SoD. (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET) Samsung Galaxy S9 Plus, ponsel-ponsel penerusnya bisa kian minim bezel lewat teknologi SoD. (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta - Di CES 2019 pada awal tahun 2019, Samsung berencana memamerkan Sound on Display: teknologi yang menempatkan speaker di dalam layar ponsel.

Saat ini vendor berlomba-lomba membuat smartphone berdesain all-screen, meminimalisir bezel. Hal ini yang pada prosesnya memunculkan notch alias poni, slider, dan lubang di layar, untuk menempatkan kamera depan.

Sehubungan dengan itu, tren yang diprediksi akan muncul berikutnya adalah mengenai keberadaan speaker pada ponsel. Samsung, salah satunya, sudah mengembangkan Sound on Display yang membuat speaker eksternal di ponsel nantinya dibenamkan di bawah layar.




Seperti dilansir detikINET dari BGR, Samsung berencana memamerkan panel OLED dengan teknologi Sound on Display tersebut di ajang CES 2019 yang berlangsung bulan depan.

Teknologi ini tercapai dengan menggunakan getaran dan konduksi rangka. Komponen-komponen speaker sendiri akan ditempatkan di bawah permukaan layar, sehingga akan memberi lebih banyak ruang untuk layar.




SoD turut membuat Samsung bisa terus mengikis keberadaan bezel pada smartphone-nya, membuat tampilan layarnya kian lega, seraya menghindarkan diri dari pemakaian notch sebagaimana yang juga sudah mereka usahakan sejauh ini.

Teknologi ini kabarnya tidak hanya akan digunakan Samsung pada lini smartphone-nya melainkan juga pada produk-produk TV buatan perusahaan asal Korea Selatan tersebut.




Samsung bukanlah vendor pertama yang mengadaptasi teknologi semacam ini. Sebelumnya, Xiaomi Mi Mix generasi pertama menggunakan speaker piezoelectric di bawah layar untuk mentransmisikan suara langsung ke telinga. Selain itu, Vivo Nex S juga menggunakan teknologi serupa untuk mendapatkan desain layar yang nyaris tanpa bezel.

Belum diketahui kapan teknologi ini akan diterapkan secara komersial oleh Samsung. Tapi telah beredar rumor bahwa calon smartphone flagship terbarunya, Galaxy S10, akan menggunakan teknologi ini.


(vim/krs)