Senin, 17 Des 2018 13:48 WIB

Cydia Setop Jualan Aplikasi iOS Tak Resmi

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Dulunya Cydia adalah pesaing utama App Store dalam hal distribusi aplikasi iOS.Namun kini mereka memutuskan untuk menyetop penjualan aplikasi iOS tak resmi tersebut.

Pendiri Cydia Jay 'Saurik' Freeman memutuskan untuk menyetop penjualan aplikasi melalui mobile store-nya itu setelah ia menyadari adanya celah keamanan terkait otorisasi token digital PayPal yang berdampak pada sejumlah penggunanya.

Ditambah lagi, Cydia yang tadinya menjual aplikasi khusus untuk iOS versi jailbreak kini anggota komunitasnya sudah turun drastis. Pasalnya selama beberapa tahun belakangan, ekosistem iOS terus tumbuh menjadi semakin aman dan sulit ditembus.

"Realitasnya adalah saya hanya ingin menutup Cydia Store secara keseluruhan sebelum tahun ini berakhir, dan bahkan memikirkan kemungkinan untuk mempercepatnya setelah menerima laporan (celah keamanan) tersebut," tulis Freeman dalam sebuah postingan di forum Reddit.


"Layanan ini membuatku rugi dan saya sudah tak bersemangat lagi untuk menjaganya: ini adalah komponen kritis dari sebuah ekosistem yang sehat, dan meski untuk sementara waktu bisa membantu membiayai tim kecil untuk menjaga ekosistemnya, lama kelamaan ini berdampak buruk pada kewarasanku dan membuat banyak orang membenciku karena banyaknya kesalahpahaman mengenai konsep keuntungan vs pemasukan," tambahnya.

Freeman pun menyebut dengan menutup layanan ini sebenarnya juga tak membantunya secara finansial, karena ia tetap harus membayar sewa hosting untuk repository Cydia. Namun ia mengaku pekerjaan barunya cukup menghasilkan untuk menutupi biaya tersebut, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Senin (17/12/2018).



Simak juga video 'iOS 12 Resmi Dirilis, Ini Kelebihannya':

[Gambas:Video 20detik]

(asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed