Jumat, 14 Des 2018 16:09 WIB

MediaTek Rilis Helio P90, Smartphone Mana yang Duluan Pakai?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Dok. MediaTek
Jakarta - MediaTek resmi meluncurkan System-on-Chip (SoC) terbarunya yakni Helio P90. Chipset ini memiliki kemampuan dalam pengembangan kecerdasan buatan sebagai salah satu fitur unggulannya.

Unit pemrosesan Helio P90 yang dibangun di dalam chip tersebut, APU 2.0, merupakan arsitektur kecerdasan buatan yang didesain oleh MediaTek sendiri.

Kemampuannya dalam mengembangkan kecerdasan buatan pun disebut 4 kali lipat lebih baik dari dua pendahulunya, yaitu Helio P70 dan Helio P60.




Helio P90 juga mendukung pengembangan Augmented Reality (AR) dan Mixed Reality (MR) di dalamnya. Lebih lanjut, chipset ini juga mendukung Google Lens, deteksi wajah akurasi tinggi, fitur beautification secara real-time, serta identifikasi objek dan pemandangan.

Satu yang cukup menarik adalah dukungan terhadap kamera 48 MP atau kamera lensa ganda 24 MP + 16 MP di dalamnya. Nantinya, user bisa menangkap gambar dengan resolusi 48 MP pada 30fps. Selain itu, chipset ini juga mendukung fitur super slow-motion dengan kecepatan 480 FPS dalam format HD.


MediaTek Rilis Helio P90, Smartphone Mana yang Duluan Pakai?Foto: Dok. MediaTek


Sebagai pelengkap, Helio P90 mendukung SIM ganda dual VoLTE 4G LTE WorldMode dengan modem fast Cat-12 (DL) / Cat-13 (UL) 4G LTE. SoC ini juga mendukung 2x2 802.11ac dan Bluetooth 5.0.

Helio P90 rencananya akan tersedia secara global pada Kuartal I 2019, sebagaimana tercantum dalam keterangan resmi yang diterima detikINET. Tentu menjadi menarik untuk melihat vendor mana atau ponsel apa yang akan menggunakannya pertama kali.




Sebelumnya, MediaTek juga sudah mengumumkan kerja samanya dengan Realme. Hal tersebut terlihat dari Realme U1, ponsel anyar milik sub-brand Oppo tersebut, yang menjadi smartphone pertama dengan chipset Helio P70.

Apakah Realme akan menjadi tujuan pertama bagi MediaTek untuk menanamkan SoC anyar Helio P90? Menarik untuk ditunggu.


(mon/krs)