Selasa, 11 Des 2018 19:33 WIB

Lewat Wizphone, Alfamart Mau Jadi seperti Amazon Go?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Marketing Director PT. Sumber Alfaria Trijaya Ryan Alfons Kaloh (Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET) Marketing Director PT. Sumber Alfaria Trijaya Ryan Alfons Kaloh (Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET)
Jakarta - Januari 2018 lalu, Amazon membuka swalayan otomatisnya yang bernama Amazon Go. Untuk belanja, pembeli tinggal melakukan pemindaian di aplikasi Amazon Go dan tagihan akan otomatis dipotong dari kartu kredit. Tak perlu lagi ada kasir.

Di China ada pula yang namanya Bingobox. Swalayan otomatis yang biasa disebut a-commerce ini bahkan sudah dibuka untuk pertama kali pada Juni 2017 lalu, mendahului Amazon Go.

Menariknya, arah untuk menuju ke sana juga sudah mulai terlihat dari pelaku retail Indonesia. Alfamart menjadi swalayan yang dimaksud.

Alfamart digandeng PT. Wiz Indonesia Nirwana untuk menjadi tempat belanja yang lebih modern. Salah satunya adalah keterlibatan ponsel secara lebih mendalam saat berbelanja, mirip Amazon Go maupun Bingobox.




Hal itu terwujud lewat proyek kolaborasi bernama Ekosistem Wizphone. Di sini, perusahaan tersebut menggandeng sejumlah produsen ponsel untuk menyediakan smartphone dengan ekosistem itu di dalamnya. Di ekosistem ini ada sebuah aplikasi khusus yang membantu penggunanya berbelanja, mulai dari melihat harga barang, memeriksa poin, hingga menentukan metode pembayaran.

Lantas, apakah proyek ini membuat Alfamart benar-benar mulai mengarahkan bidikan untuk kelak menjadi seperti Amazon Go?




"Alfamart harus mempersiapkan integrasi digital dari online ke offline. Kalau ke arah yang dibilang tadi (seperti Amazon Go) kita mungkin masih jauh ke arah sana," ujar Marketing Director PT. Sumber Alfaria Trijaya Ryan Alfons Kaloh saat ditemui di Kota Tangerang, Banten, Selasa (11/12/2018).

Ia melanjutkan, yang terpenting saat ini adalah bagaimana Alfamart bisa mengolah big data yang didapat dari hasil kerja sama di dalam Ekosistem Wizphone. Ryan pun berharap proyek ini akan menjadi terobosan baru di industri ritel.

(mon/krs)