Minggu, 09 Des 2018 15:51 WIB

Selamat Tinggal Android Ice Cream Sandwich

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Google.com
Jakarta - Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) dirilis pada Oktober 2011, dan kini pada usianya yang ke-7 Google resmi menghentikan dukungan terhadap OS tersebut.

Penyetopan dukungan ini maksudnya adalah Play Service API tak akan lagi mendukung versi Android tersebut Google menetapkan OS minimal bagi para developer untuk menggarap API level 16 adalah Android 4.1 Jelly Bean.

Meski begitu, developer sebenarnya tetap bisa memperbarui aplikasinya untuk Android ICS, namun hanya pada API level 14 atau 15. Namun tentu aplikasi-aplikasi tersebut tak akan bisa memanfaatkan fitur-fitur terbaru yang ada di Play Service.

Kabar ini sebenarnya tak mengejutkan, karena menurut developer dashboard Android, per 26 Oktober lalu, hanya 0,03% dari 2 miliar ponsel Android di dunia yang menjalankan OS tersebut, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Minggu (9/12/2018).


Meski persentasenya terlihat kecil, namun artinya ada sekitar 6 juta ponsel atau tablet yang terdampak dari keputusan Google ini. Meski belum jelas apakah jutaan ponsel atau tablet tersebut masih aktif digunakan atau tidak. (asj/fyk)