Senin, 26 Nov 2018 11:57 WIB

Hari Ini Cyber Monday, Apa Bedanya dengan Black Friday?

Kris Fathoni W - detikInet
Setelah Black Friday, giliran hadir Cyber Monday (Foto: Justin Sullivan/Getty Images) Setelah Black Friday, giliran hadir Cyber Monday (Foto: Justin Sullivan/Getty Images)
Jakarta - Setelah acara shopping pada Black Friday habis langsung muncul ajang berikutnya dengan nama Cyber Monday, yang mestinya lebih identik dengan aktivitas belanja online.

Cyber Monday, seperti namanya, dapat diterjemahkan sebagai Senin Siber. Di AS, ini merupakan momen rangkaian ajang belanja setelah Thanksgiving dan sebelum periode Natal.

Jika Black Friday "dirayakan" pada hari Jumat tepat setelah Thanksgiving di AS, Cyber Monday berlangsung segera setelah itu di hari Senin. Maka, Cyber Monday tahun ini hadir pada hari Senin (26/11/2018) ini.




Menilik sejarahnya, Cyber Monday dihadirkan untuk mendorong konsumen berbelanja online. Platform itu pula yang menjadi perbedaan utama Cyber Monday dengan Black Friday. Istilah "Cyber Monday" sendiri dicetuskan tahun 2005 silam.

Seperti halnya pada Black Friday, di Cyber Monday juga ada iming-iming diskon besar buat para konsumen. Saat ini "Cyber Monday" itu pun sudah menjadi istilah pemasaran umum buat para peritel online di penjuru dunia.

Gaung Cyber Monday pun ikut terasa di Indonesia, kendatipun tidak merayakan Thanksgiving. Sejumlah gerai e-commerce turut meramaikan momen itu dengan menjanjikan promo dan diskon dalam program Cyber Monday-nya masing-masing.




Cyber Monday Indonesia ini turut memberimu peluang belanja lebih lanjut usai 11.11 (atau Singles' Day, yang juga bagian dari Hari Belanja Online Nasional/Harbolnas) dan Black Friday, sambil menunggu momen 12 Desember (12.12) yang juga menjadi bagian Harbolnas.

Sekali lagi, sekadar mengingatkan agar kamu senantiasa teliti sebelum membeli, jangan sungkan membandingkan harga di beberapa gerai e-commerce, dan hati-hati terperangkap diskonan semu. Selamat belanja online!




(krs/mon)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed