Sabtu, 24 Nov 2018 11:54 WIB

AS Ajak Sekutunya Boikot Huawei, Kenapa?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Gettyimages
Jakarta - Pemerintah Amerika Serikat belum menghentikan usahanya untuk menggembosi Huawei. Kali ini mereka mengajak negara-negara sekutunya berhenti menggunakan perangkat buatan Huawei.

Seorang sumber, seperti dikutip dari Wall Street Journal, Sabtu (24/11/2018), menyebut pemerintah AS sudah bertemu pemerintah sejumlah negara seperti Jerman, Jepang, dan Italia, dan mengajak mereka berhenti menggunakan perangkat buatan Huawei.

Tak sekadar mengajak, AS juga mengiming-imingi insentif bagi negara yang memilih untuk tak menggunakan perangkat buatan pabrikan asal China itu.



Sebelumnya, Pemerintah AS sudah resmi memblokir penggunaan perangkat buatan Huawei di pemerintahan, dan menolak memberi izin peritel yang berlokasi di dekat markas militer untuk menjual ponsel Huawei.

Namun usaha mereka tak sampai di situ. Mereka juga takut kalau markas militer mereka yang berada di luar negeri bisa disusupi dan disadap jika koneksi internet mereka menggunakan jaringan komersial di negara lain yang menggunakan perangkat buatan Huawei.



Huawei sebenarnya tak tinggal diam menghadapi antipati AS ini. Mereka membuka sebuah tempat di Inggris dan Jerman yang dibuat untuk menguji dan membuktikan keberadaan 'backdoor' ataupun malware di perangkat buatannya. (rns/rns)