Sejarah IBM Simon, Nenek Moyangnya Smartphone

Sejarah IBM Simon, Nenek Moyangnya Smartphone

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 23 Nov 2018 17:00 WIB
IBM Simon, nenek moyangnya smartphone (Foto: Getty Images/Rob Stothard)
Jakarta - 26 tahun lalu, tepatnya pada 23 November 1992, IBM memamerkan sebuah perangkat prototipe 'Angler', yang dua tahun kemudian dirilis sebagai perangkat cikal bakal ponsel pintar bernama IBM Simon.

Angler pertama kali dipamerkan dalam sebuah pameran komputer dan teknologi bernama COMDEX di Las Vegas, Amerika Serikat. Prototipe ini merupakan kombinasi antara ponsel dan personal digital assistant (PDA).

Kombinasi itu membuat penggunanya bisa melakukan panggilan telepon, faksimili, dan email. Selain itu Angler juga mempunyai banyak fitur PDA seperti kalender, buku alamat dan catatan, termasuk bisa menjalankan aplikasi peta digital serta pemantau saham dan berita, dengan baterai yang hanya bisa bertahan selama satu jam.




Spesifikasinya? Layar bertipe monokrom dengan backlit LCD berukuran 4,5 inch x 1,4 inch dan resolusi 160 x 293 pixel. Inputnya menggunakan layar sentuh dan stylus, RAM 1 MB, dan storage 1 MB NOR Flash dan 2 MB Stacker, serta BIOS 32KB NOR Flash.

Ponsel dengan prosesor berkecepatan 16 MHz ini juga tak bisa dibilang ringan, terutama jika dibandingkan dengan ponsel masa kini, karena bobotnya mencapai 510 gram. Jaringan seluler yang didukungnya adalah Advanced Mobile Phone System alias AMPS, yang dikembangkan oleh Bell Labs dan mulai beroperasi di AS sejak 13 Oktober 1983.

Pada debutnya itu Angler sukses mencuri perhatian banyak orang, dan sempat menjadi kover harian USA Daily. Angler kemudian mendapat nama 'Simon Personal Communicator' dari seorang eksekutif BellSouth, perusahaan teknologi asal AS, sebelum perangkat itu dipamerkan di Wireless World Conference pada November 1993.

BellSouth Cellular sendiri sebenarnya berencana menjual Simon pada Mei 1994, namun karena ada masalah pada software perangkat itu, mereka menunda penjualannya sampai 16 Agustus 1994.



Simon dijual di 15 negara bagian AS secara kontrak selama dua tahun dengan harga USD 899, dan tanpa kontrak seharga USD 1099. Meski kemudian harganya didiskon menjadi USD 599 dengna kontrak selama dua tahun.

BellSouth Cellular menjual sekitar 50 ribu unit Simon selama enam bulan penjualannya di pasar sebelum akhirnya disetop penjualannya pada Februari 1995. Label ponsel pintar sendiri pada 1995 sebenarnya belum ada, namun dengan berbagai kemampuannya, Simon seringkali disebut sebagai ponsel pintar pertama yang pernah dibuat.

Sekadar informasi, Simon didesain oleh International Business Machines Corp. (IBM) dan dirakit oleh Mitsubhisi Electric Corp, dan kemudian didistribusikan ke pasar oleh BellSouth Cellular Corp.


(asj/krs)